Banyal, Santi Nurcahya (2013) Pengembangan modul elektronik dengan Adobe flash player pada mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu / Santi Nurcahya Banyal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banyal Santi Nurcahya. 2013. Pengembangan Modul Elektronik Dengan Adobe Flash Player Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (2) Drs. H. Sumadi S.E. M.M Kata kunci Modul Elektronik Jurnal Penyesuaian. 12288 12288 12288 12288 Modul Elektronik digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dalam kelas terutama dalam memahami suatu materi. Siswa belajar dengan senang sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu yang ditransformasikan oleh guru. Penggunaan modul yang variatif akan meningkatkan motivasi pembelajaran dan akan meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik konsep maupun praktek penyusunan atau sistematika. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa sehingga memerlukan media pendukung untuk mengatasi masalah tersebut. Peralatan multimedia yang lengkap di sekolah harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Modul Elektronik dengan menggunakan software Adobe Flash Player pada mata pelajaran Jurnal penyesuaian. Oleh karena itu dengan adanya Modul elektronik ini diharapkan materi pembelajaran lebih diminati oleh peserta didik sehingga belajar akuntansi dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul elektronik ini menggunakan model pengembangan Borg Gall dengan prosedur pengembangan modul elektronik 6 tahap yaitu (1) Tahap Analisis Kebutuhan (2) Tahap Produksi/Pengembangan Produk (3) Tahap validasi Ahli (4) Tahap Revisi (5) Tahap Uji Coba Produk (6) Tahap Revisi Produk Akhir Hasil Pengembangan. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah penilaian terhadap bahan ajar yang bersumber dari angket tertutup sedangkan data kualitatif berupa kritik saran dan pendapat secara umum tentang multimedia pembelajaran dari validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas. 12288 12288 12288 12288 Analisis Keseluruhan Validasi diperoleh dari ahli materi dengan nilai rata rata persentase 77 78 % ahli media diperoleh nilai rata - rata persentase sebesar 95 33 % dan uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata- rata sebesar 87 66 %. Sehingga rata- rata persentase keseluruhan sebesar 86 92 % dan dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi elektronik dalam materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran akuntansi dalam materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa di SMK Islam Batu. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan modul akuntansi elektronik ini dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan media secara optimal. Lebih jauh agar dapat dikembangkan modul akuntansi elektronik ini pada materi lain dan inovasi baru agar dapat meningkatkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34638 |
Actions (login required)
View Item |