Pengembangan bahan ajar berbasis website pada mata pelajaran akuntansi / Prameswari Naitysica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis website pada mata pelajaran akuntansi / Prameswari Naitysica

Naitysica, Prameswari (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis website pada mata pelajaran akuntansi / Prameswari Naitysica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Naitysica Prameswari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sriyani Mentari S.Pd. M.M (2) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. Kata Kunci Bahan ajar Bahan Ajar Berbasis Website Akuntansi Bahan ajar digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Siswa menjadi lebih terbantu dan mudah dalam belajar sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu atau informasi yang akan diberikan oleh guru. Penggunaan bahan ajar yang beraneka ragam yang didukung dengan perkembangan teknologi khususnya internet akan semakin meningkatkan minat belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Materi laporan keuangan merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik secara konsep maupun praktek penyusunan atau sistematika. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa dan cenderung terpaku pada buku teks sebagai satu-satunya bahan ajar sehingga siswa merasa kurang tertarik untuk belajar memahami materi tersebut. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar pendukung yang berbeda untuk mengatasi masalah tersebut. Fasilitas internet yang dimiliki sekolah harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan bahan ajar berbasis website pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk bahan ajar berupa bahan ajar berbasis website pada mata pelajaran akuntansi yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak sebagai alternatif bahan ajar yang mandiri. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan yang digunakan meliputi 1) pengumpulan informasi 2) desain dan pengembangan produk 3) validasi ahli materi dan ahli media 4) Perbaikan produk 5) produk akhir. Validasi bahan ajar berbasis website dilakukan oleh tiga subyek ahli yaitu 2 ahli materi dan 1 ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi ke-1 memperoleh rata-rata sebesar 63 4% dan oleh ahli materi ke-2 memperoleh rata-rata sebesar 70 6% serta ahli media memperoleh rata-rata sebesar 75% sehingga hasil validasi secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 70%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis website yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memnfaatkan bahan ajar berbasis website dalam kegiatan belajar mengajar. Fasilitas di sekolah hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan bahan ajar secara optimal. Dan untuk saran lebih lanjut agar dapat dikembangkan bahan ajar akuntansi berbasis website pada materi lain dengan inovasi baru sehingga dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item View Item