Mei, Selvi Nindia (2013) Pengembangan modul pembelajaran berbasis kontekstual bermuatan nilai karakter bangsa untuk kelas XII SMK PGRI 3 Blitar / Selvi Nindia Mei. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mei Selvi Nindia. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Untuk Kelas XII SMK PGRI 3 Blitar. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd M.SA (II) Dr. Suparti MP. Kata Kunci Pengembangan Modul Kontekstual Nilai Karakter Bangsa. 12288 12288 12288 12288 Untuk menunjang kegiatan pembelajaran guru harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang memberikan pengetahuan teoritis praktik maupun moral secara seimbang. Berdasarkan hasil observasi di SMK PGRI 3 Blitar pembelajaran disekolah tersebut belum menggunakan modul buatan guru. Bahan ajar yang dipakai juga belum sesuai dengan karakteristik siswa yang berkaitan dengan tingkat pemahaman maupun kondisi kontekstual di daerah siswa. Penerapan nilai karakter pada siswa juga masih kurang berdasarkan wawancara dengan guru bahwa masih banyak siswa yang tidak jujur saat ujian dan kurang antusias dalam belajar. Oleh karena itu pengembang membuat alternatif bahan ajar yang digunakan sebagai pembelajaran siswa secara mandiri kontekstual dan penambahan nilai karakter yang diharapkan bisa membentuk karakter siswa dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan modul ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis kontekstual bermuatan nilai karakter bangsa pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan dagang untuk kelas XII SMK PGRI 3 Blitar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan modifikasi dari model pengembangan Borg Gall yang melandasi pengembangan modul akuntansi ini yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Mengembangkan produk awal (3) validasi oleh ahli (4) Revisi Produk I (5) Uji coba lapangan terbatas (6) Revisi Produk II (7) Produk Akhir. Pengembangan modul akuntansi ini diujicobakan kepada 10 siswa kelas XII Akuntansi SMK PGRI 3 Blitar sebagai pengguna modul. Pengumpulan data uji kevalidan menggunakan instrumen angket yang divalidasikan kepada ahli materi yaitu guru minimal S1 dibidang akuntansi ahli desain pembelajaran dosen pengembangan media pembelajaran akuntansi yang telah menempuh pendidikan minimal S2. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan ini adalah modul akuntansi berbasis kontekstual bermuatan nilai karakter bangsa pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. Hasil uji kelayakan diperoleh 92 9% untuk validasi materi 91 4% untuk validasi desain pembelajaran dan 92 9% untuk uji coba lapangan terbatas. Dapat disimpulkan bahwa modul telah valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar modul ini dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kelas yang didampingi oleh guru maupun digunakan untuk belajar mandiri dirumah dan dapat digunakan sebagai referensi pengembangan modul pada materi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34632 |
Actions (login required)
View Item |