Pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Diah Atmi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Diah Atmi Wulandari

Wulandari, Diah Atmi (2013) Pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Diah Atmi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Simulasi dan Hasil Belajar Siswa. Pembelajaran yang masih didominasi penyampaian materi oleh guru (teachercentered) menyebabkan siswa tidak mampu membangun dan menemukan sendiri pengetahuannya sehingga mengakibatkan siswa hanya menghafal konsep-konsep yang ada dalam buku (text book oriented). Kondisi ini menjadikan siswa berpikir bahwa pelajaran akuntansi merupakan pelajaran yang hanya terbatas pada mengetahui dan menghafal konsep sehingga tidak mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Solusi yang dapat diupayakan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran simulasi. Dalam metode simulasi siswa diminta untuk mempraktikkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikelas sesuai dengan kenyataan kemudian siswa diminta untuk saling tukar pendapat guna mencapai pemecahan masalah bersama dan mengembangkan keterampilan sosialnya. Diharapkan kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode simulasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang dibelajarkan dengan metode simulasi dan yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Perbedaan hasil belajar siswa yang diukur adalah hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan rencana Two Group Post test Experiment Design. Variabel bebas ialah metode simulasi sedangkan varibel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI-Ak.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-Ak.3 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes (post test). Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan uji t (t test) yaitu independent-sample T test dengan taraf signifikansi 0 05 (Sig p 0 05). Sebelum dilakukan uji uji t (t test) independent-sample T test terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat antara lain uji normalitas dan uji homogenitas data dengan levene tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik hasil belajar kognitif hasil belajar afektif maupun hasil belajar psikomotor. Perbandingan skor rata-rata hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor yang menggunakan metode pembelajaran simulasi berbeda jauh (signifikan) dibandingkan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitin ini dapat disarankan bagi guru dan pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran simulasi dalam kegiatan suatu kelas dengan kondisi siswa yang pasif serta dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode simulasi yang diaplikasikan pada komponen dan tingkat pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34631

Actions (login required)

View Item View Item