Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngunut / Ro'is Itakwin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngunut / Ro'is Itakwin

Itakwin, Ro'is (2013) Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngunut / Ro'is Itakwin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Itakwin Ro is. 2013. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send-A-Problem Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Ngunut. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P dan (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe Send-A-Problem hasil belajar Metode pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan di SMA Negeri 1 Ngunut adalah metode konvensional dimana metode ini masih kurang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Send-A-Problem. Metode ini mampu mengaktifkan siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Send-A-Problem terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS. Instrumen yang digunakan adalah tes multiple choice. Hasil dari analisis validitas dengan rtabel diperoleh 20 butir soal dikatakan valid. Sehingga semua butir soal dikatakan valid. Data juga sudah dinyatakan reliabel. Dari hasil uji-t diketahui kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sama. Setelah perlakuan/treatment diberikan terlihat bahwa rata-rata kemampuan akhir kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran kooperatif tipe Send-A-Problem dengan pembelajaran konvensional. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru bidang studi akuntansi diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Send-A-Problem sebagai alternatif pilihan pembelajaran di kelas (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan populasi sampel penelitian dan pokok bahasan yang lebih luas agar mendapat data yang lebih baik (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan soal pre-test dan post-test yang berbeda tetapi dengan tingkat kesukaran yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item