Pengembangan media permainan berbasis komputer dengan adobe flash untuk menunjang pemberian laporan keuangan Perusahaan Jasa di SMA Negeri 6 Malang / Lia Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan berbasis komputer dengan adobe flash untuk menunjang pemberian laporan keuangan Perusahaan Jasa di SMA Negeri 6 Malang / Lia Saputri

Saputri, Lia (2013) Pengembangan media permainan berbasis komputer dengan adobe flash untuk menunjang pemberian laporan keuangan Perusahaan Jasa di SMA Negeri 6 Malang / Lia Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputri Lia. 2013. Pengembangan Media Permainan Berbasis Komputer dengan Adobe Flash untuk Menunjang Pembelajaran Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.pd. M.M (II) Sulastri S.Pd M.SA. Kata Kunci Pengembangan media permainan berbasis komputer laporan keuangan perusahaan jasa Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru. Pembelajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa juga terasa membosankan sehingga dapat mengakibatkan siswa merasa sukar dalam memahami materi yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada hasil ulangan sebagian siswa yang tidak mencapai nilai SKM yang ditentukan sebesar 75. Mempertimbangkan kebosanan tersebut maka perlu digunakan suatu media yang menarik perhatian siswa dan melibatkan mereka secara langsung dalam penggunaan media tersebut. Model pembelajaran dengan permainan berbasis komputer bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model Borg and Gall yang dilaksanakan mulai bulan februari sampai Maret 2013. Validasi media permainan snake ladders berbasis komputer dengan adobe flash cs3 dilakukan oleh dua validator yaitu ahli materi ahli teknis dan dari segi pengguna dinilai oleh siswa sebanyak 26 siswa dalam uji coba lapangan terbatas. Pada saat mengukur efektifitas media digunakan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 2 kali pertemuan. Hasil data yang diperoleh baik dari proses validasi maupun uji coba produk dihitung dengan bantuan SPSS versi 16. 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis keseluruhan validasi diperoleh dari ahli materi dengan rata-rata persentase 91 77% ahli teknis diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 93 89% dan uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata-rata sebesar 92 45% sehingga rata-rata persentase keseluruhan sebesar 92 70% dan dapat disimpulkan bahwa media permainan snake ladders berbasis komputer dengan adobe flash cs3 dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan. Hasil uji T-Test Independen Sample gainscore adalah sebesar 0 000 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil peningkatan belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat membuat produk yang lebih interaktif dan menarik dengan materi yang berbeda. Untuk pemanfaatan di dalam kelas juga perlu dipersiapkan semua sebelumnya supaya pengoperasian media bisa berjalan lancar dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34628

Actions (login required)

View Item View Item