Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi

Resmi, Fadila Sinta (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Resmi Fadila Sinta. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Corners Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cipto Wardoyo S.E M.Pd M.Si.Ak (2) Sulastri S.Pd M.S.A Kata kunci Model Corners Motivasi Hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal minat siswa terhadap pelajaran akuntansi masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapai SKM juga masih sedikit. Guru telah berusaha melakukan berbagai cara untuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tetapi hasilnya masih kurang memuaskan. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperarif model Corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) angket respon siswa dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil observasi diketahui bahwa motivasi siswa meningkat dari 60% menjadi 80%. Pada variabel hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 61 11% menjadi 80 56%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Cornesrs pada pengajaran mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran hendaknya memakai media atau kartu nomor yang dipakai siswa pada lengan kanan atau dada agar memudahkan penelili atau observer dalam mengamati aktivitas belajar siswa dan dalam penelitian hendaknya satu kelompok diamati oleh satu observer agar data yang dianggap penting tidak terlewati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item