Rahayu, Luluk Agustika (2013) Efektifitas penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Ihsan Kabupaten Probolinggo / Luluk Agustika Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
12288 12288 12288 Rahayu Luluk Agustika. 2013. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Ihsan Di Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.Pd (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci hasil belajar model Learning Cycle 5e model pembelajaran konvensional 12288 12288 12288 Pergeseran pendekatan pembelajaran dari Contekstual Teaching Learning (CTL) menuju ke Contekstual Student Learning (CSL) mengubah pembelajaran yang langsung menuju pembelajaran yang lebih berinovasi. Pergeseran tersebut menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator. Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran diharapkan hasil belajar akan meningkat. 12288 12288 12288 Pembelajaran yang dilaksanakan pada mata pelajaran akuntansi peserta didik menjadi kurang aktif padahal dalam pembelajaran akuntansi keaktifan peserta didik sangat diperlukan agar mereka dapat menguasai pembelalajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Learning Cycle. Dengan model tersebut siswa dapat termotivasi untuk maju dan hasil belajar menjadi meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah lebih tinggi dengan melalui model pembelajaran Learning Cycle 5e daripada model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Ihsan pada semester II Tahun ajaran 2012/1013 dan sebagai sampel penelitian adalah 52 siswa yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 25 sebagai kelas control. Kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5e sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran langsung. 12288 12288 12288 Berdasarkan uji-t yang telah dilakukan nilai signifikansi pada pretest sebesar 0 759. Sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan untuk nilai signifikansi 0 05 memiliki makna bahwa H0 diterima. Hal ini bermakna bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan awal yang sama. 12288 12288 12288 Hal tersebut berbeda dengan hasil yang ditunjukkan pada posttest untuk kelas kontrol dan kelas ekperimen. Nilai signifikansi untuk post test sebesar -4 095 0 05 berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini bermakna bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan akhir yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34624 |
Actions (login required)
View Item |