Ningarum, Dhebi Dwi Chandra (2013) Pengembangan multimedia CD pembelajaran interaktif akuntansi untuk kelas XI IPS SMA Laboratorium UM / Dhebi Dwi Chandra Ningarum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningarum Dhebi Dwi Chandra. 2013. Pengembangan Multimedia CD Pembelajaran Interaktif Akuntansi untuk Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Triadi Agung Sudarto S.E. M. Si. Ak. Kata Kunci Multimedia CD pembelajaran interaktif. 12288 12288 12288 12288 Faktor eksternal yang sangat mempengaruhi hasil pembelajaran adalah lingkungan sekolah khususnya model pembelajaran yang diterapkan dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pemanfaatan multimedia CD pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa untuk mengatasi permasalahan kejenuhan dalam pembelajaran. CD pembelajaran interaktif merupakan salah satu sarana agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran dan efek yang terbesar diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mendalami pelajaran tersebut. Penggunaan multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk CD interaktif diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga dapat mempelajari materi laporan keuangan akuntansi perusahaan jasa dengan mudah. 12288 12288 12288 12288 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia CD pembelajaran interaktif akuntansi untuk kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Selain itu Penelitian dan pengembangan ini juga ditujukan untuk menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan. Multimedia CD pembelajaran yang dikemas dengan menarik ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan produk multimedia pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall yang terdiri dari studi lapangan perancangan draft produk pengembangan pengembangan multimedia CD pembelajaran interaktif penilaian validasi media dan materi oleh tim ahli revisi produk uji coba terbatas serta revisi produk akhir hasil pengembangan. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskripstif persentase. Data kualitatif berupa saran tanggapan dan kritik dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi yang dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 95 45% ahli media sebesar 96 74% dan uji coba terbatas sebesar 89 83%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 94%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia CD pembelajaran interaktif akuntansi dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran materi laporan keuangan akuntansi perusahaan jasa di SMA Laboratorum UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34622 |
Actions (login required)
View Item |