Manajemen kurikulum program akselerasi (Studi kasus di SMA Negeri 01 Batu) / Nurvalinda Korniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum program akselerasi (Studi kasus di SMA Negeri 01 Batu) / Nurvalinda Korniasari

Korniasari, Nurvalinda (2012) Manajemen kurikulum program akselerasi (Studi kasus di SMA Negeri 01 Batu) / Nurvalinda Korniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen kurikulum program akselerasi Permasalahan pendidikan di negara sedang berkembang seperti Indonesia adalah salah satu faktor utama yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan masyarakat karena pendidikan sangat mempengaruhi laju perkembangan suatu negara. Pendidikan merupakan aspek penting yang perlu dimiliki oleh setiap umat manusia karena pendidikan dapat menciptakan suatu perubahan baik pengetahuan sikap maupun kompetensi dalam membentuk kepribadian seseorang. Banyaknya tuntutan dalam dunia pendidikan membuat sebagian besar lembaga pendidikan membuat beberapa program mandiri yang mampu meluluskan peserta didiknya lebih cepat dari pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Program tersebut adalah akselerasi. Program ini dibuat agar peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan non akademik yang tinggi dapat menyelesaikan studi mereka dalam waktu yang singkat. Hal ini sejalan dengan isi dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 Ayat 4 yang menyatakan bahwa warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak mendapatkan pendidikan khusus . Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum program akselerasi di SMA Negeri 01 Batu (2) karakteristik manajemen kurikulum program akselerasi di SMA Negeri 01 Batu dan (3) faktor penghambat dan faktor pendukung terlaksananya program akselerasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 01 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena studi kasus berusaha mengungkap secara deskripstif semua fenomena kejadian masalah di suatu lokasi yang mengutamakan kealamiahan atau natural. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk mengecek keabsahan data meliputi (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi dan (3) pengecekkan data. Kesimpulan penelitian yang dihasilkan yaitu (1) Kegiatan perencanaan kurikulum di SMA Negeri 01 Batu ini meliputi kegiatan perencaan penyusunan program perencanaan guru dan pengelola akselerasi perencanaan kurikulum dan perencanaan fasilitas dan biaya. Dalam kegiatan perencanaan tersebut melibatkan personil sekolah diantaranya kepala sekolah wakil kepala sekolah urusan kurikulum pengelola akselerasi dan guru selain itu pihak sekolah dalam penyusunan program akselerasi juga melibatkan pihak dari luar yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Dinas Pendidikan Propinsi dan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kegiatan perencanaan ini biasa dilakukan pada saat menjelang tahun ajaran baru (2) Kegiatan pengorganisasian SMA Negeri 01 Batu terkait dengan koordinasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam melaksanakan program akselerasi. Di SMA Negeri 01 Batu ini koordinasi yang dilakukan sudah terlihat dalam struktur organisasi jadi dalam program akselerasi sendiri terdapat struktur organisasi yang tersendiri. Koordinasi antar personil tersebut dilakukan dalam rapat koordinasi yang secara rutin dilakukan oleh pihak sekolah (3) Kegiatan pelaksanaan kurikulum di SMA negeri 01 Batu dapat dilihat dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas selain itu juga dapat dilihat melalui kegiatan identifikasi dan seleksi para calon peserta didik. Kegiatan pelaksanaan kurikulum ini tentunya tidak terlepas dari kurikulum yang diadakan oleh Dinas Pendidikan akan tetapi untuk program akselerasi lebih cenderung ke pemadatan waktu yang tadinya dilakukan dalam waktu 3 tahun menjadi 2 tahun dan sekaligus di dalam terdapat juga pemadatan materi. Kemudian dari segi identifikasi dan seleksi peserta didik untuk kelas akselerasi terdapat beberapa kriteria yang mendasar yaitu rata-rata jumlah nilai rapor adalah 8 (delapan) memiliki tingkat intelegensi IQ harus 130 ke atas berorientasi pada tugas dan sebagainya (4) Kegiatan pengawasan dan evaluasi kurikulum di SMA Negeri 01 Batu ini dilaksanakan dengan menggunakan dua teknik yaitu pengawasan langsung dan tidak langsung. Untuk pengawasan secara langsung kepala sekolah melakukan pemantauan dengan melihat secara langsung kegiatan yang sedang berjalan. Kemudian untuk pengawasan tidak langsung kepala sekolah dapat melihat dari hasil pelaporan yang dilakukan oleh wakil kepala sekolah dan juga pengelola akselerasi. Untuk kegiatan evaluasi itu dilakukan setelah kegiatan pengawasan selesai dilakukan disini kepala sekolah dan personil sekolah lainnya melakukan rapat koordinasi untuk mengkaji bersama mengenai tidak lanjut dari program tersebut. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah (1) kepala sekolah diharapkan mampu untuk memotivasi para tenaga pendidik agar dapat bekerja secara optimal dalam memberikan layanan yang prima kepada para peserta didik kelas akselerasi. Selain itu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengembangkan program akselerasi sekolah agar menjadi lebih baik lagi (2) Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum diharapkan mampu untuk lebih aktif lagi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum program akselerasi sekolah agar pelaksanaan program tersebut dapat berjalan lebih baik lagi (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi tambahan referensi bagi penelitian dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan manajemen kurikulum program akselerasi di sekolah dan (4) Peneliti Lain hendaknya para peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis dalam manajemen kurikulum program akselerasi pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item