Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani

Kusumawardani, Rystahati (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumawardani Rystahati 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Triadi Agung Sudarto SE M.Si. Ak. (2) Cipto Wardoyo Dr. SE Ak. M.Pd. Msi. Kata Kunci metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) partisipasi siswa Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi antara lain siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen cenderung menghafalkan konsep Akuntansi seperti apa yang tertuang dalam buku masih kurang aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru tidak berani bertanya dan memberi tanggapan serta ketekunan sebagian siswa dalam menyelesaikan tugas masih rendah sehingga siswa kurang aktif di dalam kelas siswa juga sulit untuk bekerja sama dalam kelompok dan cenderung bersifat individualis. Masalah-masalah yang terjadi di kelas XI Akuntansi 1 tersebut menunjukkan ciri-ciri partisipasi siswa yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu pembelajaran kooperatif metode STAD. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa jumlah siswa yang dapat memenuhi indikator keberhasilan tindakan partisipasi siswa pada aspek tanya jawab meningkat dari 16 siswa menjadi 25 siswa pada aspek menghargai konstribusi sesama anggota kelompok dan kelompok lain meningkat dari 17 siswa menjadi 22 siswa pada aspek pemeriksaan ketepatan jawaban meningkat dari 18 siswa menjadi 23 siswa pada aspek kerja sama meningkat dari 17 siswa menjadi 21 siswa dan pada aspek mengambil giliran dan berbagi tugas dengan teman sekelompok meningkat dari 17 siswa menjadi 24 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat meningkatkan partisipasi siswa. Sedangkan hal yang disarankan adalah bahwa dalam menerapkan metode STAD guru harus lebih pandai mengelola kelas supaya setiap siswa dalam kelompok dapat lebih aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Siswa juga seharusnya dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan terhadap penggunaan metode kooperatif khususnya model STAD (Student Teams Achievement Division) agar partisipasi siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item