Efektivitas model pembelajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Lea Maria Asyari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Lea Maria Asyari

Asyari, Lea Maria (2013) Efektivitas model pembelajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Lea Maria Asyari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran MURDER Prestasi Belajar Akuntansi. Permasalahan yang sering terjadi pada proses pembelajaran akuntansi adalah siswa kurang aktif dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih konvensional. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS SMAN 6 Malang pada waktu pembelajaran akuntansi. Selain itu siswa hanya terpacu pada sumber belajar yang dijelaskan oleh guru. Keadaan tersebut membuat siswa menjadi bosan pengetahuan yang didapatkan terbatas dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran sehingga menyebabkan nilai yang diperoleh siswa kurang maksimal. Upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan prestasi siswa adalah menggunakan model pembelajaran MURDER pada pembelajaran akuntansi. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Apakah model pembelajaran MURDER efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang dan 2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran MURDER pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subyek penelitian yang digunakan adalah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal pretest-posttest. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi nilai pretest dan posttest. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menerapkan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran MURDER mendapatkan respon positif dari siswa yang terlihat dari hasil observasi saat proses pembelajaran pada kelas eksperimen dengan demikian model pembelajaran MURDER lebih efektif meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model ceramah dan tanya jawab. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah hanya mengukur kemampuan kognitif yaitu prestasi belajar siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya tidak hanya mengukur kemampuan kognitif tetapi juga kemampuan afektif dan psikomotorik. Disamping itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dibiasakan langkah-langkah yang terdapat pada model pembelajaran MURDER.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item