Pengaruh persepsi siswa tentang fullday school terhadap motivasi bekajar dan kejenuhan belajar pada mata pelajaran akuntansi (berdasarkan persepsi siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2012/2013 di SMAN 1 Kediri) / Devyana Ekasari Sunarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang fullday school terhadap motivasi bekajar dan kejenuhan belajar pada mata pelajaran akuntansi (berdasarkan persepsi siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2012/2013 di SMAN 1 Kediri) / Devyana Ekasari Sunarto

Sunarto, Devyana Ekasari (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang fullday school terhadap motivasi bekajar dan kejenuhan belajar pada mata pelajaran akuntansi (berdasarkan persepsi siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2012/2013 di SMAN 1 Kediri) / Devyana Ekasari Sunarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci fullday school motivasi belajar akuntansi kejenuhan belajar akuntansi Pada era globalisasi seperti sekarang ini kita menghadapi permasalahan pendidikan yang kompleks salah satunya ialah orang tua tidak punya banyak waktu untuk anak karena harus bekerja mencari nafkah sehingga anak-anak yang merasa tidak diperhatikan dapat terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Fullday school merupakan jawaban atau alternatif yang bisa dipertimbangkan oleh para orang tua yang sibuk dan menginginkan pendidikan akademik maupun non akademik anak-anaknya bisa terjamin. Namun fullday school yang merupakan sekolah sepanjang hari dari pagi sampai sore dipertanyakan mengenai motivasi belajar siswa-siswanya dan fullday school juga rentan terhadap munculnya suatu kejenuhan belajar akibat waktu belajar yang hingga sore hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fullday school berpengaruh positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa dan apakah fullday school berpengaruh terhadap kejenuhan belajar akuntansi siswa (berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah berupa angket yang disebar kepada 79 siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini ialah GLM-Multivariate untuk variabel dependen yang lebih dari satu. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa persepsi siswa tentang fullday school berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi belajar dan kejenuhan belajar akuntansi siswa. Hasil tersebut karena terdapat faktor lain yang lebih signifikan mempengaruhi kedua variabel dependen tersebut. Faktor tersebut ialah faktor ekonomi keluarga dan minat siswa untuk variabel dependen motivasi belajar akuntansi siswa. Sedangkan untuk variabel dependen kejenuhan belajar akuntansi siswa gaya mengajar guru suasana sekolah yang kompetitif dan ketidakpercayaan diri siswa akan kemampuan akuntansi mereka sendiri menjadi faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar akuntansi mereka dengan lebih signifikan. Diharapkan untuk pihak-pihak yang terkait agar lebih memperhatikan siswa-siswinya demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item View Item