Trianingrum, Femi (2013) Analisis implementasi prosedur penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (akuntansi) di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar / Femi Trianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Analisis Implementasi Prosedur Penilaian. Kegiatan pembelajaran terdiri dari tiga aspek utama yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Ketiga aspek ini terjadi secara berurutan dan saling berhubungan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sudah direncanakan akan dapat diketahui hasilnya setelah dilaksanakannya penilaian. Penilaian hasil belajar memiliki peranan penting dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Selain itu penilaian hasil belajar juga memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan terkait dengan pembelajaran.Oleh karena itu penilaian hasil belajar harus dilaksanakan seoptimal mungkin agar dapat mencerminkan kemampuan peserta didik secara nyata. Guru perlu mengetahui prosedur penilaian yang tepat agar dapat melaksanakan penilaian dengan sebaik mungkin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasi prosedur penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (akuntansi) di SMA Negeri I Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilaksanakan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan triangulasi sumber dan teknik serta ketersediaan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi prosedur penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (akuntansi) di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar kurang sesuai dengan kondisi ideal dalam Depdiknas (2008). Sebab secara umum guru belum melaksanakan beberapa kategori sesuai dengan kondisi ideal pada tahap perencanaan penilaian pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil penilaian. Akan tetapi dalam melaksanakan analisis dan tindak lanjut hasil penilaian telah sesuai dengan kondisi ideal. Saran untuk peneliti berikutnya perlu melakukan penelitian sejenis dengan subjek yang lebih besar seperti SMA se-Kabupaten Blitar. Selain itu peneliti berikutnya dapat menambahkan peraturan pemerintah yang ada terkait dengan penilaian hasil belajar siswa tidak hanya juknis rancangan penyusunan hasil belajar siswa (Depdiknas 2008) seperti yang digunakan peneliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34613 |
Actions (login required)
View Item |