Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penyelesaian laporan kertas kerja (worksheet) siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Alingga Mahatma Indu Kirana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penyelesaian laporan kertas kerja (worksheet) siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Alingga Mahatma Indu Kirana

Kirana, Alingga Mahatma Indu (2013) Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penyelesaian laporan kertas kerja (worksheet) siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Alingga Mahatma Indu Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Drill Hasil Belajar Keberhasilan pendidikan tentunya ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah peranan dari seorang guru. Guru yang profesional akan mampu dan terampil mengelola proses pembelajaran menguasai beragam metode dan starategi pembelajaran serta mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan konsep yang diajarkan. Proses pembelajaran mata pelajaran Akuntansi yang ada di kelas XI IPS MAN 3 Malang masih memiliki hambatan pada materi penyelesaian laporan kertas kerja yaitu hasil belajar siswa yang masih belum tuntas (di bawah nilai 75). Kondisi tersebut bisa diperbaiki dengan menggunakan metode yang tepat Hasil belajar yang rendah siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang disebabkan karena minimnya latihan-latihan soal yang diberikan sehingga mereka kurang menguasai dan terampil dalam menyelesaikan laporan kertas kerja. Penerapan metode drill bisa menjadi solusi dari permasalahan di atas dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar para siswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan selama tiga pertemuan pada saat jadwal mata pelajaran Akuntansi yang mana terdiri dari Siklus I (dua pertemuan) dan Siklus II (satu pertemuan). Pada hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar di setiap pertemuannya. Hasil pre-test I di kelas XI IPS I menunjukkan ada 8 siswa yang tuntas dari 16 siswa sedangkan di kelas XI IPS II terdapat 9 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Hasil pre-test II menunjukkan siswa yang tuntas pada kelas XI IPS I adalah 10 siswa sedangkan di kelas XI IPS II terdapat 12 siswa yang tuntas. Hasil post-test kembali menunjukkan terdapat 15 siswa yang tuntas di kelas XI IPS I dan 18 siswa yang tuntas di kelas XI IPS II. Berdasarkan hasil post-test tersebut sebanyak 93 75% siswa kelas XI IPS I dan 90 % siswa kelas XI IPS II berhasil mempelajari penyelesaian laporan kertas kerja pada mata pelajaran Akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran drill. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34612

Actions (login required)

View Item View Item