Pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa / Riza Yunita Isnainti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa / Riza Yunita Isnainti

Isnainti, Riza Yunita (2013) Pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa / Riza Yunita Isnainti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yunita Isnainti Riza. 2013. Pemanfaatan Media Facebook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi bagi Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si. Ak (II) Drs. H. Sumadi S.E M.M Kata Kunci media facebook pembelajaran Saat ini sebagian besar siswa telah memiliki akun facebook tetapi berdasarkan pengalaman para pengunjung facebook hanya menggunakan situs ini sebagai ajang pertemanan padahal situs ini bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Penggunaan facebook dinilai efektif dan efisien karena media facebook ini sering dikunjungi oleh siswa. Dengan begitu pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran akan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan efisiensi penyampaian materi pelajaran. Di samping itu sajian materi yang lebih variatif akan meningkatkan tingkat ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah dari Borg Gall. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah analisis kebutuhan awal mengembangkan produk awal validasi ahli revisi produk I uji coba lapangan revisi produk II dan produk akhir. Validasi ahli ahli yang dilakukan adalah validasi materi dan validasi media yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan yaitu siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Data yang diperoleh ada dua jenis yaitu data dari validator dan data dari hasil uji coba. Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif hasil angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menghasilkan model yang mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar materi buku besar pembantu perusahaan dagang dengan memanfaatkan media facebook. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi yang dikembangkan adalah 69 11% dan ahli media sebesar 98 07%. Sedangkan dari data uji coba lapangan adalah 96 65%. Secara umum media pembelajaran dengan memanfaatkan media facebook layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa di sekolah. Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi yaitu keterbatasan dari alamat link dalam mengetahui berapa banyak siswa yang telah mengakses link tersebut serta pembuatan acara yang hanya berlaku untuk satu hari. Sehingga diharapkan ada tindak lanjut dari peneliti berikutnya. Berdasarkan hasil pengembangan di atas maka disarankan (1) Guru diharapkan dapat menyampaikan materi dengan model yang menarik dan terstruktur melalui pembelajaran media facebook (2) Sekolah hendaknya memiliki wacana baru untuk meningktkan kualitas pembelajaran disekolah (3) Peneliti lain diharapkan melakukan penelitian sejenis sebagai bahan referensi dan pertimbangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34610

Actions (login required)

View Item View Item