Pengembangan modul laporan keuangan perusahaan jasa berbasis pendidikan karakter untuk kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Laila Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul laporan keuangan perusahaan jasa berbasis pendidikan karakter untuk kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Laila Purnama Sari

Sari, Laila Purnama (2013) Pengembangan modul laporan keuangan perusahaan jasa berbasis pendidikan karakter untuk kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Laila Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Laila Purnama. 2013. Pengembangan Modul Laporan Keuangan Perusaha-an Jasa Berbasis Pendidikan Karakter untuk Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci pengembangan modul akuntansi pendidikan karakter Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Pendidikan juga merupakan usaha masya-rakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan ke-hidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan (Marzuki 2012 34). Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia harus te-rus dilakukan. Peningkatan mutu pendidikan yang dibutuhkan saat ini tidak hanya seputar kompetensi kognitif tetapi juga perlu peningkatan karakter dan budaya bangsa. Oleh karena itu pemerintah memberlakukan pendidikan berkarakter seba-gai solusi alternatif. Guru sebagai pengajar dan pendidik dituntut untuk dapat menginte-grasikan materi pelajaran dengan muatan-muatan nilai karakter bangsa sehingga guru memerlukan media maupun bahan ajar yang mendukung terlak-sananya pembelajaran berbasis karakter tersebut. Bahan ajar yang saat ini di-gunakan peserta didik masih belum mendukung pendidikan karakter khusunya pelajaran akuntansi. Padahal ilmu akuntansi sangat rentan terhadap manipulasi dan korupsi jika si empunya ilmu tidak memiliki kepribadian dan karakter yang baik. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul akuntansi berbasis pendidikan karakter yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pendidikan karakter bagi peserta didik yang mempelajari materi akuntansi agar memiliki karakter jujur disiplin kerja keras dan mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang ha-rus ditempuh yaitu analisis kebutuhan pengembangan modul uji kelayakan mo-dul kemudian revisi modul ke-1 uji coba pengguna terbatas revisi ke-2 sehingga menjadi produk akhir. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 orang validator materi/isi dan seorang ahli pengembangan bahan ajar yang menilai mutu modul. Uji coba modul kepada pengguna terbatas melibatkan 10 peserta didik kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Malang. Ketiga validator dan peserta didik merupakan subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif per-sentase sedangkan data kualitatif dianalisis dengan teknik penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen angket tertutup. Modul dikembangkan sesuai dengan kerangka modul yang baik menurut Dirjen Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan tetapi dengan modifikasi untuk mengintegrasikan nilai karakter jujur disiplin kerja keras dan mandiri. Tambahan tersebut berupa kisah sukses . Jadi komponen modul laporan keuangan berbasis pendidikan karakter meliputi cover kata pengantar daftar isi glosa-rium SK dan KD deskripsi waktu prasyarat petunjuk penggunaan modul tu-juan akhir cek penguasaan kisah sukses materi rangkuman tugas dan tes soal evaluasi pedoman penilaian kunci jawaban penutup dan daftar pustaka. Persentase rata-rata yang diperoleh dari penilaian ketiga validator yaitu 80 65% yang berarti modul valid untuk digunakan. Berdasarkan penilaian valida-tor materi modul dinyatakan valid dengan persentase rata-rata 95 52 %. Bertolak belakang dengan validator mutu modul yang menilai modul kurang valid dengan persentase rata-rata 50 92% sehingga modul harus direvisi agar dinyatakan valid oleh ahli bahan ajar. Setelah menjalani tahap revisi modul diujicobakan kepada pengguna terbatas (peserta didik). Hasi uji coba tersebut menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid untuk digunakan dengan persentase 95%. Meskipun demikian modul yang dikembangkan memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan modul tersebut adalah telah mengintegrasi nilai karakter yang dikemas dalam bentuk kisah sukses dan terintegrasi dalam materi pen-jelasan materi menggunakan bahasa yang komunikatif dan dilengkapi pedoman penilaian dan kunci jawaban yang memungkinkan peserta didik menilai sendiri ketuntasan dalam mempelajari laporan keuangan perusahaan jasa. Kelemahan modul yang dikembangkan antara lain belum teruji efektivitas-nya hanya mengintegrasi empat nilai karakter yaitu jujur disiplin kerja keras dan mandiri serta tidak adanya kunci jawaban yang paten untuk tugas . Selain itu validator mutu modul hanya satu orang (ahli bahan ajar). Oleh karena itu saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah peneliti lain dapat melakukan uji efektivitas penggunaan modul berbasis pendidikan karakter ini menambah nilai karakter yang diintegrasi lebih kreativitas dalam mengintegrasikan nilai karakter ke dalam modul serta menggunakan lebih dari satu validator mutu modul misalnya seorang ahli pengembangan bahan ajar dan seorang ahli desain grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34609

Actions (login required)

View Item View Item