Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih

Ningsih, Erma Sulistia (2013) Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan SAVI Group Investigation dan hasil belajar Guru memiliki peran sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran. Hal ini menuntut guru untuk melakukan perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas penggunaan metode mengajar strategi belajar mengajar maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kegiatan Lesson Study dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Akuntansi di kelas X Ak SMK PGRI 2 Malang diperoleh fakta bahwa saat proses kegiatan belajar mengajar sebagian besar siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Sebagian besar siswa hanya mendengarkan dan kurang berani untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sehingga siswa kurang berpikir kritis dalam memahami konsep-konsep akuntansi dan cenderung ragu dalam menjawab pertanyaan guru dan guru juga kurang memperhatikan gaya belajar masing-masing siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Atas dasar tersebut peneliti mencoba menerapkan pendekatan SAVI melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk memberikan kesempatan siswa aktif dalam pembelajaran sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) di kelas X Ak SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak SMK PGRI 2 Malang setelah diterapkan pendekatan SAVI melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Ak SMK PGRI 2 Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi (3) pedoman wawancara (4) lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar terbukti pada pre test persentase ketuntasan kelas mencapai 11 36% meningkat pada post test siklus I persentase ketuntasan kelas menjadi 47 73% dan persentase meningkat 88 84% pada siklus II. Disarankan (1) Bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran dengan pendekatan SAVI hendaknya agar lebih memperhatikan aktivitas siswa dan gaya belajar siswa yang paling dominan digunakan dalam belajar (2) Tidak semua materi dapat diterapkan dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan SAVI SAVI melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) sehingga guru harus jeli dalam memilih materi yang sesuai dengan model pembelajaran ini (3) untuk mengoptimalkan tiap aspek pada pendekatan SAVI guru hendaknya merancang pembelajaran yang menuntut siswa berpikir kritis lebih aktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34608

Actions (login required)

View Item View Item