Ismaiyah, Siti (2013) Pengembangan model pembelajaran akuntansi melalui penggunaan snowball asking card untuk siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Ismaiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata-kata Kunci pengembangan model pembelajaran snowball asking card. Model pembelajaran merupakan salah satu dari kompetensi guru profesional dalam mengelola kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang dimaksud adalah interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif. Model yang dikembangkan saat ini adalah model pembelajaran Snowball Asking Card yang mengacu pada pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran snowball asking card adalah pengembangan dari model pembelajaran Snowball Throwing di sertai penggunaan kartu. Model pembelajaran ini dirasa cocok untuk pembelajaran akuntansi karena menuntut siswa lebih aktif berani berpendapat dan dapat lebih paham dalam mempelajari akuntansi Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang guru masih cenderung menyampaikan pelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode ceramah dan pengerjaan soal dalam modul yang diberikan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan model pembelajaran Snowball Asking Card untuk membuat variasi dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan model pembelajaran yang dapat mengatasi kelemahan model pembelajaran sebelumnya dan (2) Menghasilkan model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai salah satu cara pembelajaran pada bidang studi akuntansi yang telah melalui proses validasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah pengembangan yang meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk dan (8) produk akhir. Validasi model pembelajaran Snowball Asking Card dilakukan oleh tiga subyek yaitu dua ahli pembelajaran dan siswa yang mendapat rata-rata skor sebesar 78 95%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Asking Card layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Selain itu model pembelajaran ini juga diujicobakan pengaruhnya melalui desain penelitian one group pre-post. Analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test melalui SPSS 19 yang menunjukkan bahwa sig. (2-tail) sebesar 0 00 ( 0 05) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian model pembelajaran Snowball Asking Card terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan model pembelajaran Snowball Asking Card dalam proses pembelajaran serta adanya penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan model pembelajaran Snowball Asking Card di sekolah lainnya yang mempunyai karakteristik siswa dan materi yang sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34607 |
Actions (login required)
View Item |