Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achiement Division (STAD) dan model Pair Check untuk meningikatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Rizki Putri Alfiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achiement Division (STAD) dan model Pair Check untuk meningikatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Rizki Putri Alfiarti

Alfiarti, Rizki Putri (2013) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achiement Division (STAD) dan model Pair Check untuk meningikatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Rizki Putri Alfiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfiarti Rizki Putri. 2013. Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pair Check untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Triadi Agung Sudarto S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) model pembelajaran Pair Check motivasi belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari dalam proses belajar mengajar akuntansi masih rendah dibuktikan dengan ketuntasan belajar klasikal yang belum tuntas (45%). Keaktifan dan motivasi belajar siswa juga masih kurang. Hal tersebut ditandai dengan (1) keterlibatan peserta didik masih rendah (2) interaksi guru dan siswa hanya satu arah dan didominasi oleh guru (3) tidak semua siswa mendapat bimbingan penuh dari guru karena waktu belajar terbatas dan guru hanya menjelaskan (4) tidak jarang ada siswa yang terlihat berbicara sendiri dengan temannya dan tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Berdasarkan fenomena yang terjadi pada saat observasi awal ada gagasan untuk perbaikan proses pembelajaran yaitu dengan penerapan pembelajaran yang lebih variatif agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Berkaitan dengan hal tersebut peneliti memutuskan menerapkan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan model Pair Check. Model pembelajaran STAD adalah salah satu tipe kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Pair Check merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk melatih rasa sosial siswa kerja sama dan kemampuan memberi penilaian. Model Pair Check melatih kesiapan siswa menerima pertanyaan dan saling memberikan pengetahuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimanakah motivasi belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari setelah penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model STAD dengan Pair Check dan (2) Bagaimanakah hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari setelah penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model STAD dengan Pair Check. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang terdiri dari 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilihat dari aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru meningkat sebesar 23 34% yaitu sebesar 72% pada siklus I dan sebesar 95 24% pada siklus II sedangkan motivasi belajar siswa meningkat sebesar 13 3% yang pada siklus I 67 19% menjadi 80 49% pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal meningkat sebesar 36 85% dari 55 26% (21 siswa) menjadi 92 11% (35 siswa). 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah 1) bagi guru mata pelajaran diharapkan untuk menerapkan kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pair Check supaya pembelajaran lebih bervariasi dan bermakna serta pebelajar dilibatkan aktif dalam proses pembelajaran 2) bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi dalam pembelajaran karena motivasi belajar siswa sangat penting dalam pembelajaran akuntansi 3) bagi sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari diharapkan lebih memperhatikan media belajar seperti laptop dan LCD untuk membantu penyampaian materi oleh guru pada saat tahap presentasi kelas dan membuat siswa lebih tertarik dalam belajar sehingga motivasi dan hasil belajar dapat meningkat dan 4) bagi peneliti selanjutnya untuk menerapkan kolaborasi pembelajaran ini dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34606

Actions (login required)

View Item View Item