Pratiwi, Heni Diyah (2013) Implementasi metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Heni Diyah Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Think Pair Share-Talking Stick keaktifan hasil belajar Berdasarkan hasil pengamatan di kelas X Ak 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari diketahui keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih rendah dan hasil belajar siswa kurang memuaskan terutama pada mata pelajaran Akuntansi. Masalah keaktifan ini adalah kurangnya keterampilan berbicara pada saat tanya jawab dalam pembelajaran. Begitu pula ketika ulangan harian ternyata hasilnya kurang memuaskan sehingga banyak siswa yang harus mengikuti remidi. Berdasarkan pengamatan ini penelitian tentang implementasi metode pembelajaran kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick perlu dilakukan. Melalui kolaborasi dua metode ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara lembar observasi soal tes dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X Ak 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Peningkatan keaktifan siswa tampak dari perubahan perilaku siswa setelah dilakukan tindakan. Siswa menjadi percaya diri dalam menjawab pertanyaan maupun mengemukakan pendapatnya. Siswa mulai terlatih untuk menyelesaikan tugasnya secara individu terlebih dahulu. Jika siswa menemukan kesulitan siswa bertanya kepada guru ataupun mendiskusikannya dengan temannya. Siswa juga tampak lebih antusias dan lebih bersemangat ketika tahap Share dilakukan seperti permainan menggunakan Talking Stick dan diiringi musik. Begitu pula hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II 86 8% dari 38 siswa atau sebanyak 33 siswa telah tuntas belajar. Hasil ini meningkat bila dibandingkan dengan hasil post test yang dilakukan dilakukan di akhir tindakan I yaitu sebesar 60 53% dari 38 siswa. Berdasarkan hasil tersebut disarankan soal yang diberikan dalam tahap think sebaiknya berupa soal yang memerlukan tingkat pemikiran tinggi. Tahap pair sebaiknya dilakukan dengan waktu yang cukup dan dengan cara saling berhadapan sehingga terjadi face to face interaction. Guru harus membimbing dan memantau aktivitas setiap kelompok secara maksimal untuk menumbuhkan personal responbility pada siswa. Tahap share sebaiknya dilakukan dengan penunjukan secara acak seperti halnya dengan metode talking stick agar setiap siswa bertanggung jawab dengan hasil pekerjaannya dan terlatih percaya diri dalam menyampaikan pendapat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34605 |
Actions (login required)
View Item |