Setyorini, Novaria (2013) Gaya mengajar guru, gaya belajar siswa dan prestasi belajar akuntansi siswa pada kelas khusus dan kelas reguler SMA Negeri 1 Blitar / Novaria Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Gaya mengajar guru gaya belajar siswa prestasi belajar pendidikan Akuntansi. Program pendidikan reguler adalah program pendidikan nasional yang penyelenggaraan pendidikannya bersifat massal yang berorientasi pada kuantitas untuk dapat melayani sebanyak mungkin siswa usia sekolah. Karena program reguler tidak dapat melayani semua kebutuhan individual siswa terutama siswa dengan kecerdasan dan intelegensia yang tinggi maka dibentuklah program khusus untuk menampung siswa berbakat tersebut. Kedua kelas memiliki karakteristik yang berbeda dan dalam penelitian ini akan dibahas mengenai gaya mengajar guru gaya belajar siswa dan prestasi belajar Akuntansi pada kelas khusus dan kelas reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gaya mengajar guru pada kelas khusus dan kelas reguler (2) gaya belajar siswa pada kelas khusus dan reguler (3) perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas khusus dan kelas reguler dan (4) perbedaan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual auditori dan kinestetik pada kelas khusus dan kelas reguler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan jumlah sampel 78 siswa. Analisa data menggunakan statistika deskriptif dan uji beda independent sample t test. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh (1) gaya mengajar guru pada kelas khusus memiliki kecenderungan gaya mengajar learner centered demikian juga pada kelas reguler gaya mengajar guru memiliki kecenderungan learner centered (2) gaya belajar yang dimiliki siswa kelas khusus 57% adalah gaya belajar kinestetik sedangkan pada kelas reguler 53% siswa memiliki gaya belajar visual. Dari hasil uji beda diperoleh (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas khusus dan kelas reguler dan (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik pada kelas khusus dan kelas reguler namun tidak ada perbedaan prestasi belajar pada siswa dengan gaya belajar visual dan auditori. Disarankan agar guru lebih banyak menggunakan variasi gaya mengajar agar semua siswa dapat mengoptimalkan prestasi belajarnya dan kepada siswa SMAN 1 Blitar agar lebih mengetahui gaya belajarnya sehingga dapat menyesuaikan cara belajarnya dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34604 |
Actions (login required)
View Item |