Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Chadirin Salas Achlul Wahani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Chadirin Salas Achlul Wahani

Wahani, Chadirin Salas Achlul (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Chadirin Salas Achlul Wahani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi penguatan (reinforcement) hasil belajar motivasi berprestasi Guru memegang peranan penting dalam keberhasilan pendidikan. Berperan sebagai guru banyak menemui tantangan karena di satu pihak harus menerima seadanya dan mampu menyelami alam pikiran siswa namun dilain pihak harus mendorong siswa untuk berkembang lebih jauh dan mengatasi kekurangan yang masih ada pada diri siswa. Penggunaan penguatan (reinforcement) salah satunya perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi sekaligus hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan analisis jalur (analysis path). Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel penguatan (reinforcement) dan motivasi berprestasi serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang sebesar 0 61 dan(2) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi siswa kelas XI kompetensi keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang sebesar 0 418. Berdasarkan hasil penelitian tersebutm saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain seperti minat belajar maupun kemampuan profesional guru apabila akan mengambil permasalahan serupa untuk memperluas informasi tentang permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar (2) teknik penelitian yang digunakan dapat diperluas dengan menggunakan penelitian tindakan kelas maupun eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34602

Actions (login required)

View Item View Item