Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang / David Leonardo Hutomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang / David Leonardo Hutomo

Hutomo, David Leonardo (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang / David Leonardo Hutomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan mengajar guru motivasi belajar prestasi belajar. Keterampilan mengajar guru merupakan seperangkat kemampuan atau kecakapan guru dalam melatih atau membimbing aktivitas dan pengalaman seseorang serta membantunya berkembang dan menyesuaikan diri kepada lingkungan. Sedangkan motivasi adalah daya penggerak yang telah menjadi aktif dari dalam diri sehingga menimbulkan dorongan untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan kebutuhan atau keinginan belajar. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 Tumpang angkatan 2012 yang berjumlah 157 siswa. Data diperoleh dari hasil kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar 2) Secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar 3) Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi sekolah Pihak sekolah khususnya kepala sekolah hendaknya dapat mengikutkan dan menghimbau para guru untuk mengikuti diklat pendidikan atau workshop untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar.(2) Bagi guru akuntansi SMA NEGERI 1 Tumpang Guru diharapkan untuk lebih memperhatikan kondisi belajar di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Diharapkan dengan terjaganya kondisi belajar dengan baik maka siswa akan lebih termotivasi dalam belajar.(3) Bagi orang tua dan guru Diharapkan orang tua guru menggunakan pendekatan yang berbeda dengan memberikan penghargaan bisa berupa pujian atau hadiah kepada siswa ketika mendapat nilai yang baik pada mata pelajaran akuntansi.(4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada masalah atau topik yang berkaitan dengan prestasi belajar hendaknya menambah variabel atau indikator sehingga penelitian dapat lebih bervariasi dan dapat lebih mengkaji hal hal yang belum tercakup dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34600

Actions (login required)

View Item View Item