Pengembangan multimedia pembelajaran pada matapelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan aplikasi authoring untuk kelas V SDN Penanggungan Malang / Mohammad Bariksah Athoillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pada matapelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan aplikasi authoring untuk kelas V SDN Penanggungan Malang / Mohammad Bariksah Athoillah

Athoillah, Mohammad Bariksah (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran pada matapelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan aplikasi authoring untuk kelas V SDN Penanggungan Malang / Mohammad Bariksah Athoillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aplikasi Authoring. Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V ini membahas materi tentang kisah sahabat Nabi. Ditinjau dari kegiatan proses pembelajaran selama ini guru hanya mengandalkan metode ceramah dan guru kurang menggunakan media pendukung selain buku sehingga siswa mengalami kebosanan dalam mengikuti proses pembelajaran. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan belajar siswa dengan menghasilkan produk berupa CD multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar yang memenuhi kriteria dalam strategi pembelajaran yang efektif serta memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi sehingga dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode pengembangan mengadopsi pada model ASSURE ((1) Analyze Learners (2) State Objective Select Method Media Materials and Development (3) Utilize Materials (4) Requires Learner Participation (5) Evaluate And Revise). Metode pengumpulan data dalam pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan metode observasi sebagai metode dalam mengumpulkan data di saat praproduksi melalui observasi/wawancara dan menggunakan instrumen angket digunakan sebagai validasi para ahli media dan ahli materi dan uji coba terhadap siswa pasca produksi serta tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan media. Multimedia pembelajaran ini terdapat masukan tentang perbaikan produk yang dikembangkan yaitu kualitas produk agar dibenahi supaya produk dapat dikategorikan layak. Multimedia pembelajaran ini divalidasikan kepada 2 ahli media 2 ahli materi dan diuji cobakan kepada 38 siswa/audiens. Hasil validasi 2 ahli media mendapat persentase sebesar 90 83% berdasarkan kriteria dapat di interpretasikan bahwa multimedia pembelajaran termasuk kategori valid sedangkan hasil validasi 2 ahli materi mendapat skor persentase sebesar 88 3% berdasarkan kriteria dapat di interpretasikan bahwa multimedia pembelajaran termasuk kategori valid dan dari 38 siswa/audiens mendapat skor persentase sebesar 91 9% berdasarkan kriteria dapat di interpretasikan bahwa multimedia pembelajaran termasuk kategori valid. Untuk Tes Hasil Belajar dari 38 siswa 35 siswa telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan yaitu 65. Hasil persentase untuk tingkat keefektifan penggunaan multimedia pembelajaran ini mencapai 92 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V materi kisah sahabat Nabi. Saran bagi pengembang selanjutnya bahwa model ASSURE adalah model sitem pembelajaran bukan model pengembangan media jadi jika pengembang selanjutnya menggunakan model ASSURE ini maka disarankan pengembang harus perlu melakukan adanya modifikasi dalam model ASSURE sehingga di dalam model ASSURE sebelum melangkah ke tahap pemanfaatan perlu adanya tahap produksi serta validasi terhadap media yang akan dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item