Pengaruh motivasi berprestasi dan lingkungan belajar di sekolah terhadap kesiapan belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun 2012 / Agung Prasetyo Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi berprestasi dan lingkungan belajar di sekolah terhadap kesiapan belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun 2012 / Agung Prasetyo Utomo

Utomo, Agung Prasetyo (2013) Pengaruh motivasi berprestasi dan lingkungan belajar di sekolah terhadap kesiapan belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun 2012 / Agung Prasetyo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Berprestasi Lingkungan Belajar di Sekolah Kesiapan Belajar Siswa. Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di setiap jenjang pendidikan yang ada. Arah dan tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yakni yang tidak hanya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat namun bisa melestarikan dan mengembangkan masyarakat. Kemampuan dan kualitas lulusan tersebut dapat ditunjukkan dengan prestasi belajar yang telah dicapai. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik diperlukan tingkat kesiapan belajar yang baik pula. Dan tingkat kesiapan belajar siswa sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain motivasi berprestasi dan lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi berprestasi dan lingkungan belajar di sekolah terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluru h siswa kelas XI IPS dengan jumlah 158 siswa dan jumlah sampel sebanyak 61 siswa yang diambil dengan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Analisa data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang variabel lingkungan belajar siswa di sekolah berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Sedangkan secara simultan motivasi berprestasi dan lingkungan belajar siswa di sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang direkomendasikan adalah pihak sekolah harus lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa. Guru dan pihak sekolah juga harus memperhatikan tingkat motivasi berprestasi dari siswa agar siswa senantiasa termotivasi dalam belajar. Serta seluruh warga sekolah harus selalu menjaga suasana lingkungan belajar yang aman dan nyaman sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item View Item