Analisis perbedaan kinerja guru akutansi yang belum dan yang sudah tersertefikasi di SMA Negeri se-kota Malang / Agustiningsih

Agustiningsih (2013) Analisis perbedaan kinerja guru akutansi yang belum dan yang sudah tersertefikasi di SMA Negeri se-kota Malang / Agustiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Kinerja Guru, Belum Tersertifikasi, Sudah Tersertifikasi Peran dan tugas yang diemban oleh guru sangat berat, maka kinerja guru yang berkualitas sangat dibutuhkan sebagai proses pembelajaran untuk memperoleh hasil yang optimal. Untuk mengetahui meningkatnya kualitas kinerja guru tidak mudah, dengan adanya sertifikasi diharapkan kinerja guru akan meningkat. Oleh karena itu perlu diketahui perbedaan kinerja guru yang sudah tersertifikasi dengan kinerja guru yang belum tersertifikasi. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru, yang bertujuan untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional serta meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan. Kinerja guru yang dimaksud adalah prestasi kerja, hasil kerja dan pencapaian kerja guru dalam menjalankan tugasnya sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini dilakukan di seluruh SMA Negeri di Malang, dimana populasi dalam penelitian ini adalah semua guru akuntansi yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis frekuensi, prosentase, mean, grafik dan uji T-Test. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru yang sudah tersertifikasi lebih baik dari kompetensi pedagogik guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 0,4149, p = 0,296 > 0,05; (2) Kompetensi kepribadian guru yang sudah tersertifikasi lebih baik dari kompetensi kepribadian guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 0,6677, p = 0,164 > 0,05; (3) Kompetensi sosial guru yang sudah bersertifikasi lebih baik dari kompetensi sosial guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 0,69124, p = 0,714 < 0,05; (4) Kompetensi profesional guru yang belum tersertifikasi lebih baik dari kompetensi profesional guru yang sudah tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 0,4580, p = 0,389 > 0,05; dan (5) kinerja guru yang sudah tersertifikasi lebih baik dari kinerja guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 5457 p = 0,243 < 0,05. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah agar lebih memperhatikan kinerja guru yang belum tersertifikasi, sehingga dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan para peserta didik serta membawa dampak yang baik pula pada sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34597

Actions (login required)

View Item View Item