Pengembangan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran perpajakan kelas X semester 1 sekolah menengah kejuruan / Ira Hasti Priyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran perpajakan kelas X semester 1 sekolah menengah kejuruan / Ira Hasti Priyadi

Priyadi, Ira Hasti (2013) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran perpajakan kelas X semester 1 sekolah menengah kejuruan / Ira Hasti Priyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Perpajakan Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Ardjuna 2 Malang pembelajaran perpajakan belum menggunakan bahan ajar berupa lembar kerja siswa. Peserta didik hanya menerima materi pada saat pembelajaran berlangsung dari handout yang diberikan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran yaitu lembar kerja siswa. Lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran perpajakan sekolah menengah kejuruan kelas X semester 1 dikembangkan mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan praktik pengisian surat pemberitahuan pajak dan surat setoran pajak di dunia nyata dengan memberikan contoh kasus dan tugas dalam penghitungan pajak penghasilan pribadi yang ada di sekitar lingkungan siswa sehingga siswa akan lebih paham apabila dikaitkan dengan latihan latihan sederhana namun bervariatif yang ada di sekitar lingkungan kehidupan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa yang dikembangkan dengan kerangka lembar kerja siswa berupa halaman sampul/ cover kata pengantar daftar isi pendahuluan yang berisi standar kompetensi kompetensi dasar tujuan pembelajaran alur pembelajaran dan kata kunci serta pembelajaran yang memuat informasi pendukung tugas tugas dan langkah kerja mandiri serta kelompok dan evaluasi glosarium serta daftar pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket terbuka yang menghasilkan jenis data kualitatif berupa saran kritik dan pendapat secara umum terhadap lembar kerja siswa dan angket tertutup yang menghasilkan data kuantitatif. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif presentase. Skor presentase dari validasi ahli materi ahli desain pembelajaran dari guru mata pelajaran perpajakan dan uji coba lapangan terbatas sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa pada mata pelajaran perpajakan valid atau layak sebagai bahan ajar. Skor persentase 99 11% dari ahi materi 100% dari ahli desain pembelajaran 95 44% dari guru mata pelajaran dan 91 96% dari uji coba lapangan terbatas sehingga secara keseluruhan didapatkan skor 96 3% dan disimpulkan bahwa LKS berbasis contextual teaching and learning valid digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat memberikan alokasi waktu dalam penyelesaian LKS sesuai dengan kebutuhan sekolah. Adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan LKS pada mata pelajaran perpajakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item View Item