Handoyo, Pietter Budi (2012) Efektifitas media pembelajaran dengan menggunakan program power point terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Sutojayan Blitar / Pietter Budi Handoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mutmainah Aris. 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widayati MH. (II) Dra. Sri Nuryati M.Pd. Katakunci kemampuan siswa problem solving pembelajaran PKn Bangsri Kemampuan siswa SDN Bangsri 01 dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn masih sangat kurang. Hal ini disebabkan pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru lebih berorientasi pada aktivitas hafalan. Oleh karena itu penelitian mengenai peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sangat diperlukan salah satunya adalah melalui model problem solving. Model pembelajaran problem solving merupakan salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mengembangkan proses berpikir kritis dan kreatif melalui aktivitas atau tahapan tertentu. Model problem solving dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menggali dan menemukan masalah memahami hakikat masalah menetapkan hipotesis atau rencana pemecahan masalah melakukan pengujian data serta menarik kesimpulan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem solving pada mata pelajaran PKn kelas V serta untuk mendeskripsikan penerapan model problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Data penelitian yang berupa paparan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran diperoleh dari observasi ketika pembelajaran berlangsung.Sedangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah diperoleh dari pemberian tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data berupa teknik kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pengukuran aktivitas siswa dilakukan dengan teknik rentang nilai yang bersifat kualitatif sedangkan pengukuran kemampuan siswa dilakukan dengan berpedoman pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) SDN Bangsri 01 dengan perhitungan ketuntasan kelas sebesar 70%. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh dua simpulan sebagai hasil penelitian sebagai berikut.Pertama penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan aktivitas siswa terutama dalam tahap penyelesaian masalah.Kedua penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34594 |
Actions (login required)
View Item |