Kirana, Sashi (2012) Pengaruh penerapan media pembelajaran E-Learning berbasis Weblog terhadap motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Sashi Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran e- learning weblog motivasi hasil belajar. Perkembangan teknologi informasi dengan kecepatan yang sangat tinggi salah satunya adalah internet berpotensi merubah seseorang untuk belajar. E- learning adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan internet. Salah satu aplikasi dari e- learning adalah weblog. Media pembelajaran e- learning berbasis weblog dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu tempat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran e- learning berbasis weblog (X1) sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa (Y1) dan hasil belajar siswa (Y2). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala model likert dengan empat pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif analisis uji t independent test dan analisis U Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa (1) Media pembelajaran e- learning berbasis weblog dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang karena pembelajaran disajikan lebih menarik sehingga siswa tidak cepat bosan ketika pembelajaran. (2) Media pembelajaran e- learning berbasis weblog dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang karena siswa dapat belajar dari berbagai sumber belajar dan banyak mengerjakan latihan soal sehingga siswa lebih paham dengan materi akuntansi. Keterbatasan penelitian ini adalah pengumpulan data motivasi belajar hanya dari kuesioner dan hanya diberikan pada akhir pertemuan saja setelah diberi perlakuan penilaian hasil belajar hanya dari ranah kognitif blog masih memanfaatkan media freeonline. Saran dalam penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi kepala sekolah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dan fasilitas sekolah sehingga terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi para guru harus meningkatkan kemampun mengajar yang lebih kreatif inovatif dan memanfaatkan media yang ada seoptimal mungkin agar pembelajaran menjadi lebih berkualitas bagi para siswa agar meningkatkan kemandirian dan kreatifitas dalam mencari sumber belajar bagi penelitian selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis agar mengukur motivasi belajar siswa tidak hanya dengan angket akan lebih baik jika pengumpulan data dikombinasikan dengan teknik wawancara dan observasi selain itu angket diberikan pada awal penelitian dan akhir penelitian agar diketahui motivasi siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan membuat dua angket motivasi yang berbeda untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan pada masing- masing kelas. Memperluas penilaian hasil belajar pada ranah afektif serta psikomotorik mengembangkan blog dengan menggunakan software lain
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34593 |
Actions (login required)
View Item |