Sensitifitas dan sikap guru kompetensi kejuruan akuntansi SMK terhadap konvergensi IFRS serta implementasinya kedalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kabupaten Tulungagung / Puji Sayekti Andani Warih - Repositori Universitas Negeri Malang

Sensitifitas dan sikap guru kompetensi kejuruan akuntansi SMK terhadap konvergensi IFRS serta implementasinya kedalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kabupaten Tulungagung / Puji Sayekti Andani Warih

Warih, Puji Sayekti Andani (2012) Sensitifitas dan sikap guru kompetensi kejuruan akuntansi SMK terhadap konvergensi IFRS serta implementasinya kedalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kabupaten Tulungagung / Puji Sayekti Andani Warih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sensitifitas guru SMK konvergensi IFRS Indonesia menerapkan penggunaan standar akuntansi yang berlaku umum PSAK konvergensi secara penuh mulai tanggal 01 Januari 2012. Perubahan ini ditanggapi oleh pelaku kegiatan ekonomi di Indonesia dengan mengubah cara penyajian dan pelaporan keuangan untuk entitas yang diwajibkan kedalam International Financial reporting Standart (IFRS). Bagaimanapun juga Institusi pendidikan memegang peranan penting dalam penyuksesan konvergensi karena institusi pendidikan ini salah satunya SMK dapat mencetak calon professional di bidang akuntansi yang akan langsung menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sensitifitas guru kompetensi kejuruan SMK terhadap konvergensi IFRS di KabupatenTulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan desain sedemikian rupa sehingga mampu menjelaskan tingkat sensitifitas guru terhadap konvergensi IFRS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara langsung terhadap guru kompetensi kejuruan akuntansi SMKN 01 Boyolangu SMK PGRI 01 Tulungagung SMK PGRI 03 Tulungagung SMK PERWARI SMK Muhammadyah 02 Tulungangung. Guru diminta memberikan keterangan dan pendapat mengenai konvergensi IFRS dan hasil wawancara dibandingkan dengan hasil observasi fisik terhadap ketersediaan sarana dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di masing-masing sekolah. Dari hasil analisis didapatkan bahwa guru kompetensi kejuruan akuntansi SMK di Kabupaten Tulungagung kurang sensitif terhadap perubahan standar akuntansi yang berlaku umum. Pernyataan ini didukung dengan kenyataan bahwa guru kurang aktif dalam mengikitanggapan positif ditunjukkan beberapa guru dengan rencana untuk melakukan diskusi serta pendidikan dan pelatihan (diklat) internal sesama guru. Tindakan lain yang dilakukan guru dalam penyuksesan konvergensi adalah dengan mengakses informasi mengenai konvergensi IFRS melalui internet. Meskipun demikian implementasi pengadopsian IFRS kedalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih belum maksimal. Tercatat hanya 1 orang guru yang telah menerapkan kedalam KBM. Dengan adanya penerapan meskipun dalam intensitas kecil diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk pelaksanaan konvergensi IFRS di ranah pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34592

Actions (login required)

View Item View Item