Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Islam Batu / Marina Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Islam Batu / Marina Santoso

Santoso, Marina (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Islam Batu / Marina Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Guru Kualitas Modul dan Prestasi Belajar Akuntansi. Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban secara bertanggungjawab dan layak dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Modul merupakan suatu metode dan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi atau bahan pelajaran yang terdiri atas serangkaian kegiatan belajar dengan alokasi waktu tertentu serta dilengkapi petunjuk-petunjuk atau pedoman yang dikemas secara tertulis dalam bentuk satuan pelajaran untuk dipelajari secara perorangan oleh siswa. Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik meliputi aspek kognitif afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK ISLAM Batu.Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru (X1) dan persepsi siswa tentang kualitas modul(X2) sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa (Y). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK ISLAM Batu tahun pelalajaran 2011/2012 yang berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh (1) terdapat pengaruh yang positif antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu sebesar 0 216. (2) terdapat pengaruh yang positif antara kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu sebesar 0 223. Saran yang diberikan (1) Peneliti dan Guru harus menentukan waktu dan tempat pelaksaaan penelitian di luar jam pelajaran sehingga pengisisan angket oleh siswa terlaksana dengan baik dan menghasilkan jawaban yang obyektif. (2) Peneliti seharusnya memberikan alokasi waktu yang sesuai dengan kebutuhan pengisisan angket sehingga siswa dapat mengisi angket dengan maksimal. (3) Seharusnya pelaksanaan penelitian ada guru yang mendampingi siswa dalam mengisi angket sehingga kondisi kelas menjadi kondusif dan siswa dapat fokus saat mengisi angket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34590

Actions (login required)

View Item View Item