Manajemen kelas reguler dan moving class dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa (studi kasus SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Malang) / Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kelas reguler dan moving class dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa (studi kasus SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Malang) / Nur Azizah

Azizah, Nur (2012) Manajemen kelas reguler dan moving class dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa (studi kasus SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Malang) / Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen kelas reguler moving class proses pembelajaran. Manajemen pembelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi terselenggaranya proses belajar-mengajar dan pencapaian tujuan pembelajaran di suatu sekolah. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Manajemen pembelajaran juga digunakan untuk mengatur proses pembelajaran mulai dari awal pembelajaran pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di kelas reguler dan moving class. SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang merupakan salah satu sekolah dasar di Kota Malang yang menerapkan sistem pembelajaran kelas reguler dan moving. Sekolah ini mulai menerapkan sistem pembelajara kelas reguler dan moving class sejak tahun 2002 hal ini dikarenakan untuk menanggulangi adanya kekurangan kelas dan lahan untuk mendirikan kelas baru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan proses manajemen pembelajaran kelas reguler (2) mendiskripsikan proses manajemen pembelajaran moving class (3) mendeskripsikan faktor pendukung manajemen pembelajaran kelas reguler dan moving dan (4) mendeskripsikan faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi masalah dalam manajemen pembelajaran kelas reguler dan moving di SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data hasil penelitian peneliti menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan penelitian peneliti menggunakan beberapa cara yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian di lapangan peneliti menemukan (1) manajemen pembelajaran kelas reguler SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang dengan rincian sebagai berikut (a) perencanaan pembelajaran kelas reguler seperti pembuatan RPP disesuaikan dengan KTSP dan kurikulum Dikdasmen Muhammadiyah (b) dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan rencana pembelajaran yang telah disusun dan sesuai dengan pembelajaran tematik untuk pengorganisasiannya di bawah arahan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum (c) evaluasi dilaksanakan selama satu minggu sekali sesuai dengan materi yang telah disampaikan selama satu minggu tersebut aspek yang dinilai tugas harian dan tugas kelompok (2) Manajemen pembelajaran moving class dengan uraian sebagai berikut (a) perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pembelajaran sesuai dengan KTSP dan kurikulum Dikdasmen Muhammadiyah meyiapkan laboratorium media dan metode yang digunakan dalam pembelajaran moving class (b) pelaksanaan pembelajaran moving class meliputi penggunaan metode dalam pembelajaran yaitu multi metode setiap pergantian pelajaran peserta didik berpindah ke laboratorium lain sesuai dengan mata pelajaran yang akan dipelajari peserta didik diharapkan dapat langsung berinteraksi dengan media pembelajaran yang ada di laboratorium. untuk pengorganisasiannya di bawah arahan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum (c) evaluasi pembelajaran moving class meliputi penilaian dari berbagai aspek pembelajaran seperti penilaian terhadap keaktifan peserta didik di dalam mengikuti pelajaran penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran (3) Faktor pendukung kelas reguler dan moving faktor pendukung dalam pembelajaran kelas reguler adalah dipengaruhi oleh materi pelajaran dan suasana pembelajaran yang menyengkan. Sedangkan faktor pendukung moving class yaitu tingkat kedisiplinan peserta didik dalam memasuki laboratorium suasana kelas yang kurang kondusif (4) Faktor penghambat kelas reguler dan moving adalah sarana pembelajaran yang kurang menunjang dan peserta didik yang memiliki kemampuan lambat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan saran peneliti tujukan bagi (1) Kepala Sekolah diharapkan lebih meningkatkan pembelajaran kelas reguler dan moving melalui peningkatkan manajemen pembelajaran. Dengan tujuan untuk memperlancar dalam proses belajar-mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang (2) Guru kelas dan guru bidang studi lebih meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui penyampaian materi pelajaran dengan metode yang lebih bervariasi dan dapat menarik peserta didik untuk mengikuti pembelajaran (3) Ketua Jurusan Administrasi pendidikan diharapkan lebih meningkatkan pengembangan pada manajemen pembelajaran kelas reguler dan moving class. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan manajemen pembelajaran yang lebih baik khususnya pada pembelajaran di kelas reguler dan moving (4) Peneliti lain diharapkan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan rujukan dalam melakukan penelitian sejenis dengan setting yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item