Penerapan model pembelajaran team assisted individualization sebagai upaya peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar akuntansi pada siswa di SMK Negeri 1 Magetan / Nova Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran team assisted individualization sebagai upaya peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar akuntansi pada siswa di SMK Negeri 1 Magetan / Nova Tri Wulandari

Wulandari, Nova Tri (2012) Penerapan model pembelajaran team assisted individualization sebagai upaya peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar akuntansi pada siswa di SMK Negeri 1 Magetan / Nova Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran Model Team Assisted Individualization motivasi aktivitas hasil belajar. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dilaksanakan secara terusmenerus. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya penyempurnaan dalam sistem pendidikan salah satunya yaitu penyempurnaan kurikulum. Pada saat ini pemerintah sedang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Dengan pembelajaran TAI pengajaran secara kelompok dimana terdapat seorang siswa yang lebih mampu berperan sebagai asisten yang bertugas membantu secara individual siswa lain yang kurang mampu dalam satu kelompok. Dalam model pembelajaran ini siswa dapat bekerja sama antar anggota kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok sehingga nantinya dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Magetan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dengan materi Mencatat Transaksi ke Jurnal Khusus sedangkan siklus II materi Melakukan Posting ke Buku Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Magetan. Analisis data yang digunakan dengan model alir yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan di siklus I dan siklus II untuk motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa diukur dari 3 aspek yaitu aspek ketekunan minat dan perhatian. Persentase skor aktivitas belajar secara klasikal dari empat elemen kooperatif yang diamati mengalami peningkatan.Hasil belajar siswa diukur hanya menggunakan 1 aspek yaitu aspek kognitif saja. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Magetan. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya guru untuk menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization supaya pembelajarannya lebih bervariasi. Bagi peneliti berikutnya sebaiknya melaksanakan penelitian lebih dari dua siklus dan memadukan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan metode lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34589

Actions (login required)

View Item View Item