Ermitaningrum (2012) Pengembangan CD pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Ermitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci CD pembelajaran interaktif Autoplay Media Studio 8 jurnal penyesuaian Pada umumnya sebagian besar sekolah saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Pembelajaran semacam itu juga terjadi di SMA Negeri 1 Tumpang khususnya pada mata pelajaran akuntansi. Sistem tersebut mengakibatkan kualitas ilmu yang tersampaikan kepada siswa cenderung monoton kreativitas siswa tidak berkembang dan suasana menjadi biasa saja bahkan cenderung lebih membosankan. Melihat permasalahan tersebut maka peneliti menawarkan sebuah alternatif pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia yang bersifat mandiri yaitu berupa CD pembelajaran interaktif. Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks gambar suara dan video dengan materi jurnal penyesuaian. Program media pembelajaran ini dirancang dengan bantuan program Autoplay Media Studio 8 dan digabung dengan software Wondershare Quiz Creator. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket terbuka dan angket tertutup untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa peneliti menggunakan nilai pretest dan nilai posttest. Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase yaitu untuk menentukan kelayakan media pembelajaran serta data nilai pretest dan nilai posttest dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t test. Data yang diperoleh dari hasil validasi keseluruhan sebesar 90% yang artinya media pembelajaran tersebut layak digunakan. Sedangkan hasil uji beda dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh probabilitas 0 000 0 05 artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media CD pembelajaran interaktif dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media CD pembelajaran interaktif ini layak digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran akuntansi. Adapun keterbatasan penelitian ini adalah validator dari masing-masing ahli adalah satu orang yang menyebabkan tidak terakomodasinya masukan-masukan dari validator secara optimal. Sehingga untuk peneliti selanjutnya khususnya disarankan untuk merancang media CD pembelajaran interaktif dengan konsep lain sehingga media yang dihasilkan akan lebih baik dari segi tampilan maupun materinya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34586 |
Actions (login required)
View Item |