Pengaruh keaktifan berorganisasi di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Probolinggo / Diah Norma Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan berorganisasi di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Probolinggo / Diah Norma Fitriana

Fitriana, Diah Norma (2012) Pengaruh keaktifan berorganisasi di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Probolinggo / Diah Norma Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keaktifan Berorganisasi Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Sekolah tidak hanya merupakan tempat peserta didik untuk menimba ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai tempat berinteraksi dengan sesama karena manusia pada dasarnya merupakan mahkluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk hidup. Organisasi sekolah merupakan salah satu tempat untuk berinteraksi dengan sesama diluar jam sekolah bagi siswa. Dengan mengikuti organisasi sekolah siswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya yang nantinya diharapkan dapat menunjang prestasi akademik maupun nonakademik. Bagi siswa yang aktif dalam kegiatan organisasi harus bisa membagi waktunya dengan belajar untuk itu motivasi belajar harus seimbang dengan jadwal organisasi. Motivasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar di tengah kesibukan siswa dalam berkegiatan organisasi di sekolah. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi di sekolah terhadap prestasi melalui motivasi Pengaruh motivasi terhadap prestasi dan pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Prestasi belajar yang dimaksud adalah nilai UTS siswa kelas XI yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa siswa kelas XI telah fokus pada jurusan IPS dan telah menerima pelajaran akuntansi secara intensif serta aktif dalam kegiatan organisasi sekolah. Data keaktifan berorganisasi dan motivasi diperoleh melalui teknik angket sedangkan nilai UTS diperoleh melalui dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner menggunakan skala linkert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys). Langkah kerja analisis jalur adalah dengan menentukan model hubungan lintas antar variabel bebas dengan variabel terikat dan menyatakannya dalam bentuk persamaan menghitung koefisien jalur serta menghitung pengaruh tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel keaktifan berorganisasi siswa disekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan keaktifan berorganisasi siswa di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Pada tingkat tertentu kegiatan berorganisasi dan motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar walaupun dalam penelitian ini nilai pengaruhnya kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item View Item