Lukitasari, Titik (2012) Pengaruh self effecacy dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu / Titik Lukitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Self Efficacy Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia sehingga pendidikan menjadi kebutuhan yang diprioritaskan. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas banyak faktor yang terlibat di dalamnya antara lain faktor kurikulum guru orang tua dan siswa itu sendiri. Siswa dituntut untuk tidak hanya mempunyai kemampuan kognitif yang baik tetapi juga harus mempunyai self efficacy yang merupakan bagian dari sikap (attitude) dan disiplin belajar yang tinggi untuk bisa mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan bentuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel self efficacy dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi yaitu menggunakan seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK 17 Agustus Batu yang berjumlah 78 orang sebagai obyek penelitian. Data primer yang digunakan berupa hasil angket untuk variabel self efficacy dan disiplin belajar sedangkan data sekunder berupa nilai raport siswa semester ganjil untuk mata pelajaran Akuntansi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif untuk variabel self efficacy memiliki rata-rata sebesar 45 37 hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu memiliki self efficacy yang cukup tinggi . Sementara itu untuk variabel disiplin belajar memiliki rata-rata sebesar 54 95. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu memiliki disiplin belajar yang cukup tinggi . Dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara self efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu dengan koefisien regresi sebesar 0 242. Hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan variabel self efficacy sebesar 1 maka akan menaikkan besarnya hasil belajar sebesar 0 242. (2) Terdapat pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu dengan koefisien regresi sebesar 0 168. Hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan variabel disiplin belajar sebesar 1 maka akan menaikkan besarnya hasil belajar sebesar 0 168. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variabel self efficacy dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Siswa diharapkan mampu memupuk self efficacy untuk menjadi lebih tinggi dan meningkatkan disiplin belajarnya untuk mencapai hasil belajar yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34583 |
Actions (login required)
View Item |