Korelasi aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMAK Kolese Santo Yusup Malang kelas XI IPS semester dua tahun pelajaran 2011/2012 / Yosafat Andhika Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMAK Kolese Santo Yusup Malang kelas XI IPS semester dua tahun pelajaran 2011/2012 / Yosafat Andhika Pratama

Pratama, Yosafat Andhika (2012) Korelasi aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMAK Kolese Santo Yusup Malang kelas XI IPS semester dua tahun pelajaran 2011/2012 / Yosafat Andhika Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Aktivitas Siswa Mengunjungi Perpustakaan Prestasi Belajar Siswa Perpustakaan secara aktif ikut ambil bagian dalam pengajaran yang dilakukan di sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah di lingkungan satuan pendidikan merupakan hal sangat penting. Dalam sebuah sekolah tentunya tidak terlepas dari sebuah sistem informasi baik sistem informasi akademik keuangan maupun perpustakaan. Prestasi belajar siswa dimungkinkan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah minat dan keaktifan siswa. Siswa yang mempunyai minat dan keaktifan yang tinggi dimungkinkan akan memperoleh prestasi belajar yang tinggi. Siswa dengan minat tinggi dengan sendirinya akan timbul kesadaran untuk belajar serta mengisi waktu luangnya baik di rumah maupun perpustakaan sekolah. Siswa yang memiliki minat belajar rendah hanya akan mengandalkan apa yang diberikan guru di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMAK Kolese Santo Yusup Malang kelas XI IPS semester dua tahun pelajaran 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAK Kolese Santo Yusup Malang yang berjumlah 172 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa yang diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAK Kolese Santo Yusup Malang semester II tahun pelajaran 2011/ 2012. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat direkomendasikan yaitu 1) bagi pihak sekolah untuk lebih memberikan bimbingan motivasi dan pengarahan tentang pentingnya peningkatan aktivitas siswa mengunjungi perpustakaan. 2) bagi pihak pengelola perpustakaan untuk mengecek buku-buku dan menambah buku-buku yang relevan serta memblokir semua situs jejaring sosial. 3) bagi siswa untuk wacana untuk meningkatkan aktivitas mengunjungi perpustakaan yang dapat menunjang prestasinya. 4) bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mengembangkannya lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34581

Actions (login required)

View Item View Item