Dara, Sari (2012) Pengembangan media pembelajaran blog pada pokok bahasan buku besar perusahaan jasa kelas X AKT di SMK Muhammadiyah Malang / Sari Dara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media pembelajaran Blog Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Siswa akan termotivasi dalam belajar dan prestasi belajarnya semakin meningkat. Pokok bahasan buku besar perusahaan jasa merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik itu secara konsep maupun praktek langsung. Namun tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Selain itu model pembelajaran yang digunakan cenderung masih konvensional sehingga siswa semakin tidak tertarik dalam mempelajari buku besar perusahaan jasa. Dengan menggunakan media pembelajaran terutama yang berbasis TIK siswa diharapkan lebih tertarik dan termotivasi. Apalagi sarana dan prasarana di sekolah sangat mendukung digunakannya media pembelajaran berbasis TIK. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) untuk menghasilkan bentuk pengembangan media blog yang baik dan menarik untuk mempermudah pembelajaran akuntansi dalam pokok bahasan buku besar di Kelas X AKT di SMK Muhammadiyah 2 Malang 2) mengetahui proses pembelajaran dengan Media blog pada Pokok Bahasan Buku Besar Perusahaan Jasa di Kelas X AKT di SMK Muhammadiyah 2 Malang 3) mendiskripsikan hasil belajar siswa X AKT yang memanfaatkan media blog pada pokok bahasan buku besar perusahaan jasa kelas X AKT di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Borg dan Gall (dalam Sugiyono 2010). Tahapan yang digunakan meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi media 5) revisi media dan 6) ujicoba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produk akhir. Validasi media blog dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). Hasil validasi oleh ahli materi media dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 85 13%. Hal ini menunjukkan media blog yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Hasil analisis uji paired sample test memperoleh nilai sig 0 000 (lebih kecil daripada 0 05) sehingga dapat disimpulkan media blog yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan media secara optimal. Lebih jauh agar dapat dikembangkan media blog pada materi lain dan inovasi baru agar dapat meningkatkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34579 |
Actions (login required)
View Item |