Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang / Emy Rahmatiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang / Emy Rahmatiah

Rahmatiah, Emy (2012) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang / Emy Rahmatiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Contextual Teaching and Learning (CTL) Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar Berdasarkan hasil pengamatan awal praktik pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Tumpang menunjukkan bahwa selama ini guru masih menggunakan pembelajaran konvensional melalui metode ceramah dan tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang lebih inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui model Problem Based Learning (PBL) yang merupakan salah satu dari pembelajaran kontekstual dimana model pembelajaran ini menuntut siswa untuk memecahkan suatu masalah atau soal berdasarkan suatu materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan CTL melalui model PBL pada materi laporan keuangan perusahaan jasa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang. Selain itu apakah dengan metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara catatan lapangan dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CTL melalui model PBL pada materi laporan keuangan perusahaan jasa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya perpaduan CTL dan PBL. Sebelum dilaksanakannya perpaduan CTL dan PBL pada kegiatan pre tes siklus I presentase ketuntasan klasikal sebesar 64.71% dan setelah dilaksanakan perpaduan CTL dan PBL meningkat menjadi 76.47%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal juga meningkat menjadi 88.24%. Beberapa saran dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi guru disarankan untuk dapat menerapkan CTL melalui model PBL dalam mengajar namun hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. (2) Bagi sekolah penerapan CTL melalui model PBL dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Tumpang. (3) Bagi peneliti penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan subyek penelitian yang berbeda serta sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34578

Actions (login required)

View Item View Item