Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X akuntansi SMK PGRI Turen / Christina Ika Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X akuntansi SMK PGRI Turen / Christina Ika Ningrum

Ningrum, Christina Ika (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X akuntansi SMK PGRI Turen / Christina Ika Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model pembelajaran inkuiri hasil belajar motivasi belajar Model yang digunakan seorang guru dalam pembelajaran akan menentukan hasil dari pembelajaran. Pembelajaran akan efektif jika dengan model pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran tidak mudah jenuh dan termotivasi untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat siswa aktif berfikir kritis dan selalu ingin tahu akan sesuatu hal adalah inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa adalah kondisi psikologis siswa untuk mendorongnya melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Diduga model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan motivasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatif dan kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMK PGRI Turen. Adapun Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. kelas X AK 2 berjumlah 31 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kelas eksperimen. Angket diberikan kepada kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai posttest dan nilai pretest (gainscore). Hasil analisis regresi linier pada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa coefficient sig menunjukan nilai 0 000 nilai probabilitas 0 05 sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar coefficient sig menunjukan nilai 0 000 nilai probabilitas 0 05 sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar berpengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar. Pada pengujian path analysis menunjukan pengaruh tidak langsung model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar dengan konstribusi 0 678. Uji pengaruh langsung model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa juga menghasilkan hasil yang signifikan dengan coefficient sig menunjukkan nilai 0 000 nilai probabilitas. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru sebaiknya mampu memanfaatkan model pembelajaran yang sesuai dan menciptakan suasana belajar menyenangkan dan inspiratif untuk memotivasi siswa. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti tidak hanya pada ranah kognitif saja tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas serta pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34576

Actions (login required)

View Item View Item