Pengaruh metode penmbelajaran peer tutoring terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 3 Malang / Frida Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode penmbelajaran peer tutoring terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 3 Malang / Frida Puspita

Puspita, Frida (2012) Pengaruh metode penmbelajaran peer tutoring terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 3 Malang / Frida Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Peer Tutoring Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar. Metode pembelajaran peer tutoring merupakan salah satu contoh dari pembelajaran kooperatif yang membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil dimana setiap kelompok terdiri dari 4-6 anggota. Dalam metode pembelajaran peer tutoring ini terdapat satu siswa yang ditunjuk untuk menjadi seorang tutor yang bertugas mengajar teman satu kelompoknya. Melalui metode pembelajaran peer tutoring siswa dapat meningkatkan kemandirian belajarnya selain itu siswa juga bisa aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa terjadi karena siswa bisa belajar dengan teman sebayanya yang memiliki pemahaman konsep lebih baik terhadap materi dan siswa bisa bertanya mengenai materi yang tidak dipahami. Dengan demikian siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Kemandirian belajar siswa dapat terjadi dengan baik ketika siswa memiliki keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognif merupakan pengetahuan tentang kognisi secara umum seperti kesadaran diri dan pengetahuan tentang kognisi diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran peer tutoring terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Malang dengan populasi siswa kelas XI IPS. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel sehingga seluruh populasi yaitu siswa kelas XI IPS MAN 3 Malang yang digunakan sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretestposttest control group design. Analisis yang digunakan untuk adalah Analisis Deskriptif hal ini dikarenakan penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi sehingga tidak membutuhkan generalilasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran peer tutoring berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar. Hal tersebut bisa diketahui dari uji perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen memiliki variansi yang lebih bagus baik untuk keterampilan metakognitif maupun hasil belajar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa sehingga pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru dan siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34573

Actions (login required)

View Item View Item