Peningkatan hasil belajar akuntansi dengan lembar kerja siswa (student work sheet) sebagai bentuk resitasi (studi pada siswa kelas x akuntansi 4 di SMK (SMEA) Kepanjen KAbupaten Malang Semester genap tahun ajaran 2011/2012) / Aura Safrida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar akuntansi dengan lembar kerja siswa (student work sheet) sebagai bentuk resitasi (studi pada siswa kelas x akuntansi 4 di SMK (SMEA) Kepanjen KAbupaten Malang Semester genap tahun ajaran 2011/2012) / Aura Safrida

Safrida, Aura (2012) Peningkatan hasil belajar akuntansi dengan lembar kerja siswa (student work sheet) sebagai bentuk resitasi (studi pada siswa kelas x akuntansi 4 di SMK (SMEA) Kepanjen KAbupaten Malang Semester genap tahun ajaran 2011/2012) / Aura Safrida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar akuntansi Lembar Kerja Siswa (Student Work Sheet) bentuk resitasi Keaktifan peserta didik merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh pakar pendidik sehingga proses belajar mengajar yang ditempuh akan benar-benar mendapatkan hasil yang optimal. Tercapainnya tujuan proses belajar dan mengajar yang baik dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran memerlukan usaha agar tercipta interaksi yang baik antara pendidik (pendidik) dan peserta didik yang belajar. Proses belajar mengajar Akuntansi dinilai masih belum tepat sasaran dan bahkan cenderung penerapannya masih dibatasi dengan konteks diktat saja sehingga pembelajaran tersebut mengakibatkan timbulnya verbalitas serta kurang berkembangnya wawasan maupun pengetahuan pada peserta didik. hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini terlihat dari hasil penelitian awal dengan rata-rata tes hanya 58 42 dan dari 43 orang siswa 8 orang lainnya (18 60%) mendapatkan nilai di atas batas lulus. Sedangkan sisanya 35 orang siswa (81 40%) mendapatkan nilai di bawah batas lulus. Ini berarti sebagian besar siswa mendapatkan nilai rendah. Hal-hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran dengan LKS (Student Work Sheet ) sebagai bentuk resitasi. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan instrument penelitian berupa lembar observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 5 di SMK (SMEA) Kepanjen Kabupaten Malang dengan jumlah siswa adalah 43 siswa dengan komposisi 41 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Tindakan ini dilakukan dengan alasan bahwa LKS (Student Work Sheet ) sebagai bentuk resitasi mengupayakan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik akan lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan dan tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Peningkatan hasil belajar dengan LKS (Student Work Sheet) sebagai bentuk resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi tentang penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang. Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan. Pada pre test siklus 1 rata-rata tes kelas 58 42 dengan presentase ketuntasan 18 60% sedangkan pada post test siklus 1 nilai rata-rata menjadi 70 26 dengan presentase ketuntasan 60 50%. Pada pre test siklus 2 rata-rata tes kelas 66 44 dengan presentase ketuntasan 41 86% sedangkan pada post test siklus 2 nilai rata-rata menjadi 76 23 dengan presentase ketuntasan 88 37%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34572

Actions (login required)

View Item View Item