Khotijah, Siti (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran jurnal penyesuaian perusahaan dagang pada mata pelajaran siklus akutansi SMK / Siti Khotijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci multimedia pembelajaran jurnal penyesuaian siklus akuntansi Multimedia pembelajaran digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Siswa belajar dengan senang sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu yang ditransformasikan oleh guru. Pemanfaatan multimedia yang inovatif akan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik secara konsep maupun praktek. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa sehingga memerlukan media pendukung untuk mengatasi masalah tersebut. Ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah yang dapat mendukung pengembangan multimedia sehingga dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Berkaitan dengan itu maka pengembangan ini mengangkat judul pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran jurnal penyesuaian perusahaan dagang pada mata pelajaran siklus akuntansi SMK. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa multimedia untuk menunjang pembelajaran siklus akuntansi jurnal penyesuaian perusahaan dagang pada mata pelajaran siklus akuntansi SMK dan (2) mendeskripsikan produk hasil pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran jurnal penyesuaian dalam mata pelajaran siklus akuntansi SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Tahapan yang digunakan meliputi (1) merumuskan tujuan pembelajaran (2) mengembangkan dan memilih materi (3) menghasilkan produk awal (4) uji validasi (5) revisi produk dan (6) menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran jurnal penyesuaian perusahaan dagang mata pelajaran siklus akuntansi SMK. Hasil validasi oleh ahli materi media dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 97 62%. Hasil analisis uji independent-sample t test memperoleh nilai 0 00 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil validasi dan uji independent-sample t test bahwa multimedia pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan khususnya kepada guru untuk memanfaatkan multimedia pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan multimedia pembelajaran yang lebih optimal. Lebih jauh agar dapat dikembangkan multimedia pembelajaran dengan materi lain dan inovasi terbaru agar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34571 |
Actions (login required)
View Item |