Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl

Tyas, Reni Andrining (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran yang masih digunakan oleh guru adalah metode pembelajaran konvensional. Model pembelajaran seperti ini masih belum memberikan hasil yang maksimal terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis berusaha melalui penelitian ini untuk dapat menghidupkan suasana kelas menjadi lebih aktif sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran yang menarik dan jarang atau bahkan tidak pernah digunakan oleh guru selama proses pembelajaran sebelumnya yaitu metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang diambil berupa peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi pre-test dan post-test di setiap siklusnya. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Sumberpucung. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata aktivitas belajar pada tingkat B pada siklus I sebesar 5 79% naik menjadi 63 68% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. 2. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa pada pre-test hanya sebesar 2 63% pada post-test siklus I mengalami peningkatan menjadi 39 47% kemudian pada pelaksanaan post-test siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 89 47%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka disarankan kepada para guru akuntansi agar menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini pada materi akuntansi berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34570

Actions (login required)

View Item View Item