Emawati, Dessi Efi (2012) Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri / Dessi Efi Emawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci gaya belajar sumber belajar prestasi belajar Sekolah sebagai sentral pendidikan formal memiliki peranan penting dalam mengantarkan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik sesuai dengan yang dicita-citakan. Dalam proses belajar mengajar di sekolah siswa sering kali dihadapkan pada suatu permasalahan baik itu permasalahan intern maupun ekstern. Permasalahan tersebut meliputi kecerdasan siswa gaya belajar siswa bakat siswa minat siswa dan motivasi siswa sumber belajar yang digunakan model penyajian pembelajaran pribadi dan sikap guru suasana pengajaran kompetensi guru kondisi masyarakat luas dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun yang dikaji lebih lanjut dalam penelitian ini tentang gaya belajar siswa dan pemanfaatan sumber belajar. Hal ini karena ketiga variabel tersebut termasuk faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar siswa dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kediri dan subyek penelitianya adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 200 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 115 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan dari variabel-variabel dalam penelitian. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara gaya belajar siswa dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Adapun hasilnya menunjukkan nilai thitung untuk gaya belajar visual auditorial kinestetik sebesar 2 041 2.217 3 279 (bernilai positif) dan 2 071 untuk pemanfaatan sumber belajar dengan probabilitas (sig t) sebesar 0 000 dan nilai ttabel sebesar 1 980 karena thitung (2 041 2.217 3 279) atau sig t (0 000) 0 05. Berdasarkan penelitian ini disarankan para guru hendaknya memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar agar kombinasi ketiga subvariabel gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar baik serta pihak sekolah hendaknya menambah sarana pembelajaran lainya sehingga dapat lebih meningkatkan lagi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34564 |
Actions (login required)
View Item |