Pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Febrina Primadita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Febrina Primadita

Primadita, Febrina (2012) Pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Febrina Primadita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Dasar Matematika Kemampuan Dasar Bahasa Prestasi Belajar Akuntansi Kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat menguasai ilmu-ilmu lain tidak terkecuali akuntansi. Ditinjau dari materi matematika berpengaruh terhadap akuntansi karena keduanya memiliki kesamaan karakteristik yaitu sama-sama menekankan penggunaan logika simbol-simbol dan rumus-rumus pasti. Bahasa juga berpengaruh terhadap akuntansi karena bahasa sangat bermanfaat tidak hanya untuk menyelesaikan soal-soal akuntansi pada ranah kognisi saja tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar akuntansi (Y). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 55 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah responden sebanyak 43 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari nilai rapor siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2010/2011 dan nilai ulangan harian semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi (Y) dengan t hitung 0 007 dan 0 038 serta memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan dengan tingkat F hitung sebesar 0 002. Dengan adanya pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap hasil belajar maka disarankan Sekolah perlu meningkatkan kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) kurikulum dan evaluasi sehingga dapat lebih menciptakan kondisi belajar siswa yang baik dan kondusif yang akan mendukung keberhasilan prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Malang dan dapat menjadi dasar dalam menyeleksi input siswa khususnya yang mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk penelitian berikutnya diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas dan dalam pengambilan datanya lebih ditingkatkan teknik-teknik pengambilan data yang digunakan sehingga hasil yang diperoleh akan lebih valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34563

Actions (login required)

View Item View Item