Fasa, Rosaria Ratih Patriaty (2012) Pengembangan modul akuntasi berbasis teknik pembelajaran simulasi pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang untuk SMK kelas X / Rosaria Ratih Patriaty Fasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Modul Teknik Pembelajaran Simulasi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Tujuan pembelajaran adalah agar siswa berhasil menguasai bahan pelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Maka dari itu perlu diadakan pengorganisasian materi agar seluruh siswa dalam kelas tersebut dapat menguasai materi pelajaran yang telah ditetapkan dalam waktu yang sama misalnya satu semester. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan modul dalam kegiatan pembelajaran hal ini akan memberikan beberapa keuntungan yaitu (1) meningkatkan motivasi siswa (2) setelah dilakukan evaluasi guru dan siswa mengetahui pada bagian modul yang mana siswa telah berhasil dan belum berhasil (3) siswa mencapai hasil sesuai kemampuannya (4) bahan pelajaran terbagi lebih merata dan (5) pendidikan lebih berdaya guna. Materi yang dipilih dalam pengembangan modul ini adalah siklus akuntansi perusahaan dagang. Modul yang dikembangkan guna menunjang kegiatan pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran simulasi karena metode ini memindahkan suatu situasi yang nyata kedalam ruang belajar karena adanya kesulitan melakukan praktik di dalam situasi yang sesungguhnya dengan demikian siswa memperoleh pemahaman dan pengalaman langsung terhadap tugas-tugas yang dilakukan akuntan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan modul akuntansi berbasis teknik pembelajaran simulasi pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang untuk SMK kelas X. Adapun karakteristik modul yang dikembangkan yaitu (1) self instructional (2) self contained (3) stand alone (4) adaptif dan (5) user friendly. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan modul yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi produk 1 (5) uji coba lapangan terbatas (6) revisi produk 2 dan (7) produk akhir. Modul yang dihasilkan sesuai dengan karakteristik yang telah ditentukan. Selanjutnya modul divalidasi oleh seorang guru mata pelajaran akuntansi SMK dan seorang dosen desain grafis. Selain itu produk juga diujicobakan pada 28 siswa SMK kelas X jurusan akuntansi. Hasil penilaian seluruh aspek validasi memiliki persentase 90% hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid/layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34561 |
Actions (login required)
View Item |