Nawaafila (2012) Manajemen kelas inklusi: Studi multikasus pada TK Roudhotul Hikmah dan SD Islam Sabilillah di Kabupaten Jombang / Nawaafila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen kelas sekolah inklusi. Manajemen kelas inklusi merupakan suatu proses kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru agar dapat menjaga suasana kelas agar kondusif sehingga tujuan pembelajaran di kelas inklusi tercapai. Di kabupaten Jombang jumlah sekolah inklusi masih terbatas. Namun Lembaga Pendidikan Roudhotul Hikmah merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang membuka kelas inklusi mulai dari TK hingga SD. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan suatu penelitian untuk mempelajarai manajemen kelas inklusi di TK Roudhotul Hikmah dan SDI Sabilillah dengan fokus serta tujuan penelitian diantaranya tentang (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) evaluasi/penilaian (4) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kelas inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif eksplanatoris yaitu suatu metode penelitian yang tidak menguji hipotesis melainkan memaparkan dan mengelola data. Jenis penelitian ini adalah multikasus karena terdapat dua kasus pada dua objek penelitian yaitu TK Roudhotul Hikmah dan SDI Sabilillah di Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini peneliti sendiri yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah guru/terapis dan prompter di TK Roudhotul Hikmah dan SDI Sabilillah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian dan dokumen yang berkaitan dengan manajemen kelas inklusi. Data yang diperoleh dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dengan cara memilah-milah data pada setiap data yang didapat langsung diolah. Penggunaan triangulasi data dengan menggunakan tahapan (1) mengajukan berbagai macam variasi pertanyaan (2) mengeceknya dengan berbagai sumber data (3) memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas inklusi di TK Roudhotul Hikmah dan SDI Sabilillah meliputi tahapan-tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian serta faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas inklusi. Perencanaan kelas inklusi dilakukan oleh guru kelas. Perencanaan yang dilakukan di TK Roudhotul Hikmah sebelum mengelola kelas yakni menyiapkan LKH menyiapkan media pembelajaran dan mengkondisikan peserta didik. Sedangkan perencanaan kelas inklusi di SDI Sabilillah meliputi persiapan media dan mengkondisikan peserta didik. Di TK Roudhotul Hikmah pelaksanaan kelas meliputi (1) menerapkan model kelas inklusi berupa kelas khusus penuh (2) kelas inklusi memiliki dua ruangan kelas yakni kelas besar (gazebo) dan kelas kecil ( 2 x 2 m) untuk satu peserta didik dan satu terapis (3) menggunakan metode pengajaran ABA (Applied Behavior Analysis) secara one on one (individual) (4) setiap peserta didik memiliki kepribadian unik sehingga guru harus memahami karakteristik masing-masing peserta didik (5) bertujuan untuk memanamkan kemandirian konsentrasi dan kepatuhan peserta didik (6) sosialisasi di kelas regular setiap satu minggu sekali untuk melatih peserta didik memahami lingkungannya (7) kegiatan pembelajaran setiap hari senin s.d. jumat kegiatan pembelajaran di kelas meliputi kegiatan awal inti dan penutup. Sedangkan pelaksanaan kelas inklusi di SD Sabilillah meliputi (1) menerapkan model kelas inklusi penuh di mana peserta didik berkebutuhan khusus melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama denga peserta didik lainnya (normal) sepanjang hari di kelas reguler dengan menggunakan kurikulum yang sama (2) kelas inklusi hanya memiliki satu ruangan saja di kelas 1 dan 4 (3) menggunakan metode pengajaran secara klasikal kelompok dan individual sesuai dengan materi yang diajarkan (4) setiap peserta didik memiliki kepribadian unik (5) bertujuan mengajarkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan secara lisan tulis dan praktik (6) sosialisasi dilakukan setiap hari (7) Kegiatan pembelajaran setiap hari senin s.d. sabtu kegiatan pembelajari diawali dengan salam dan doa bersama begitu juga pada kegiatan penutup. Penelitian tentang manajemen kelas inklusi yang dilakukan oleh pengelola TK Roudhotul Hikmah dan SDI Sabilillah menghasilkan temuan-temuan penelitian yang dibahas dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh dari kedua objek penelitian tersebut sehingga dapat disimpulan bahwa terdapat persamaan yaitu dalam (1) berada pada satu naungan yayasan yang sama (2) penyiapan media dan materi (3) menggunakan metode penyampaian materi disesuaikan dengan kondisi peserta didik (4) faktor penghambat dan kesulitan dalam mengkondisikan kelas (5) penilaian pada proses dan hasil akhir. Sedangkan perbedaannya meliputi beberapa aspek yaitu (1) model kelas (2) model pembelajaran (3) fokus materi (4) karakteristik peserta didik (5) model penilaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) pengelola TK dan SDI Roudhotul Hikmah Roudhotul hikmah agar terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi (2) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar turut serta mengkaji segala permasalahan pendidikan inklusi untuk memperkaya khasanah ilmu dan sebagai wujud pendalaman ilmu Manajemen Pendidikan (3) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang agar melaksanakan pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada kepala sekolah dan guru sekolah inklusi untuk meningkatkan kemapuan dan keterampilan secara administrasi dan kemampuan dalam mengelola kelas inklusi (4) peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan misalnya Kepemimpinan Kepala Sekolah Inklusi atau Manajemen Kurikulum Inklusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |