Prakasiwi, Galih (2012) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru melalui motivasi bel;ajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS si SMA Negeri 7 Malang / Galih Prakasiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pemanfaatan Media Pembelajaran Persepsi Metode Mengajar Motivasi Belajar Hasil Belajar. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal hendaknya mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran yang ada dan siswa hendaknya memiliki persepsi yang baik terhadap guru. Semakin baik tingkat pemanfaatan media pembelajaran dan semakin baik persepsi siswa terhadap guru dalam mengajar maka siswa akan lebih senang dan bersemangat dalam belajar sehingga semakin besar pula pengaruhnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran (X1) persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru (X2) dan variabel intervening adalah motivasi belajar (X3) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa (Y). Jenis penelitian ini adalah eksplanasi asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan 130 sampel dari 192 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis data maka Pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pemanfaatan media pembelajaran melalui motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru melalui motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang. Saran dalam penelitian ini adalah Guru hendaknya memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran di sekolah sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Dan siswa hendaknya memilikian persepsi positif terhadap guru agar siswa lebih termotivasi serta tidak mudah cepat bosan dalam belajar sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34558 |
Actions (login required)
View Item |